1. Pembuka
    Pada dasarnya manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau kegunaan dari produk tersebut.
   Pemasaran adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar.  dalam arti sempit pemasaran sering diartikan sebagai kegiatan menyalurkan atau mendistribusikan barang/jasa kepada konsumen. Pengertian pemasaran dalam arti luas salah satunya adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler sebagai berikut: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, penawarkan produk yang bernilai satu sama lain. dalam pemasaran suatu produk ada macam-macam media pemasaran yaitu :
Iklan berbayar
Pemasaran transaksional
Pemasaran media sosial
Pemasaran interaktif
Pemasaran konten
Search Engine Optimiation (SEO)
Email Marketing Â
  Pada masa pandemi sekarang ini memberikan dapak yang cukup besar di berbagai sektor, khususnya dibidang usaha. Wabah corona yang semakin masif akhir-akhir ini pada akhirnya menggangu proses pemasaran. Hal ini terjadi karena adanya pembatasan pergerakan masyarakat dan banyaknya karyawan yang bekerja melalui metode Work From Home. Sehingga mempengaruhi daya beli konsumen, solusi yang dilakukan oleh para pengusaha bisnis dengan memanfaatkan bisnis online. yaitu Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website, email, bahkan augmented reality. Hal ini dapat dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekedar postingan sederhana melalui media online.
2. Isi
Pemasaran online
   Pemasaran online adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan dalam artian kegiatan pemasaran tersebut dilaksanakan secara eletronik lewat internet atau jaringan cyber.
   Banyak aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia internet, membuat banyak pemilik mengandalkan cara ini untuk meningkatkan nilai jual produknya. Satu postingan diinternet dapat diakses oleh ratusan juta orang diseluruh dunia, dari mana pun sebuah bisnis akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global jika telah memasuki dunia internet.
Jenis-jenis saluran pemasaran online :
a. Media sosial
    Menjangkau konsumen melelui iklan berbayar atau postingan, organik dengan memanfaatkan media-media seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.
Search Engine Optimization (SEO)
Mengoptimasi website dengan berbagai konten untuk mendapatkan peringkat teratas dihasil pencarian mesin pencari.
b. Email pemasaran
    Pemasaran komersil seperti promo, penawaran produk diskon, penawaran membership dan lain sebagainya secara personal dengan menggunakan media email
Search Engine Marketing (SEM)
Melakukan pembayaran kepada mesin pencari untuk mendapatkan visibilitas website di mesin pencari tersebut. Dan masih banyak lagi
Keuntungan atau kelebihan dalam pemasaran online
c. Mengurangi Biaya
    Penggunaan media sosial, website dan media internet lainnya kebanyakan tidak dikenakan biaya. Meskipun Anda menggunakan iklan berbayar secara online, biaya yang dikeluarkan relatif lebih hemat jika dibandingkan dengan memasang iklan di televisi, radio, koran atau mencetak dalam jumlah yang banyak.
d. Dapat Diukur Real Time
    Pemasaran yang dilakukan secara online mudah diukur melalui alat analisis seperti Google Analytics. Sehingga informasi tentang klik, kunjungan dan penjualan dari SEO, AdWords, media sosial, konten serta pemasaran email yang dibuat bisa didapatkan. Walaupun ini merupakan proses yang panjang tetapi Anda dapat melihat hasilnya secara real time setelah metode ini diaplikasikan. Dengan cara ini, efisiensi strategi Anda dapat diukur dan perubahan dapat segera diimplementasikan.
e. Cepat Menentukan Target
    Dengan kecanggihan teknologi pemasaran saat ini, Anda dapat menyasar dengan tepat calon konsumen yang memang tertarik atau membutuhkan produk Anda. Teknologi saat ini mampu membuat calon konsumen memberikan informasi mereka secara sukarela sehingga Anda dapat melacak apa yang memang mereka butuhkan secara tepat.
f. Paparan Jangka Panjang
    Promosi yang dilakukan melalui pemasaran offline biasanya hanya bertahan selama 1-4 minggu. Hal ini berbeda dengan pemasaran online yang merupakan proses berkelanjutan. Di situs pencarian, konten promosi Anda akan tetap terlihat oleh konsumen untuk jangka waktu yang lama. Namun Anda perlu melakukan sedikit pembaruan agar konten tersebut tetap terlihat menarik.
Disamping memiliki keuntungan pemasaran online juga memiliki kerugian atau kekurangan  :
a. kepercayaan konsumen lebih kecil, karena mereka merasa takut tertipu dengan membeli secara online
b. prduk terlihat tidak nyata, karena produk yang ditawarkan berupa foto atau deskripsi detail produk
c. kredibilitas dari bisnis yang dijalankan
3. Penutup
   Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, namun dengan adanya pembatasan pergerakan masyarakat dan banyaknya karyawan yang bekerja melalui metode Work From Home. Sehingga mempengaruhi daya beli konsumen, solusi yang dilakukan oleh para pengusaha bisnis dengan memanfaatkan bisnis online dengan demikian pebisnis harus mulai fokus kepemasaran digital melalui website yang dijadikan e-commerce social media, search engne, penjualan melalui marketplace dan membentuk tim reseller untuk menjual produk, agar produk yang ada bisa tetap dipasarkan.