Mohon tunggu...
Suhardin Djalal
Suhardin Djalal Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Seorang Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, yang hobi coret-coret...

Selanjutnya

Tutup

Digital

Postingan Media Sosial dan Kemungkinan Terburuk Yang Tak Pernah Diduga

7 September 2020   05:01 Diperbarui: 7 September 2020   05:19 67 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Postingan Media Sosial dan Kemungkinan Terburuk Yang Tak Pernah Diduga
https://i0.wp.com/honestproscons.com/wp-content/uploads/2019/11/social-networking-sites.jpg?resize=768%2C480&ssl=1

Tulisan ini berangkat dari sebuah kegelisahan terhadap maraknya penyalahgunaan media sosial hari ini.

Beberapa waktu lalu, saya membaca cuitan seorang wanita di Twitter. Dalam cuitan wanita tersebut, dia mengaku ada orang yang tidak bertanggung jawab telah menyalahgunakan foto nya untuk kepuasan seksual, padahal foto yang diposting tersebut dianggap bukanlah terbilang foto seksi atau vulgar.

Selain kasus di atas, saya juga sering menemui akun Instagram tertentu yang memang khusus menampilkan koleksi foto-foto wanita berparas cantik. Koleksi foto tersebut diperoleh dengan cara mendownload postingan foto dari beberapa wanita, akun itu berhasil mendapat banyak follower. Sehingga, dengan banyaknya follower akun Instagram tertentu itu membuat beberapa jenis usaha memanfaatkannya sebagai jasa tempat promosi/iklan yang tentunya bersifat komersial.

Dari dua contoh kasus di atas, seharusnya bisa menjadi pelajaran betapa perlunya kehati-hatian dan bijak dalam bermedia sosial.

Teknologi informasi dan komunikasi memang memberi keuntungan bagi kita, namun tentu setiap adanya keuntungan maka akan berbarengan dengan kemungkinan adanya kerugian.

Kita memang tidak bisa menduga apa yang akan terjadi kedepan, tapi dengan kebijaksanaan kita bisa mengurangi terjadinya kemungkinan terburuk.

Maka dari itu, berhati-hati dan bijaklah dalam bermedia sosial. Tak selamanya yang kita anggap baik dan benar itu berarti aman, sebab orang yang tidak bertanggung jawab selalu punya cara untuk menodai kebaikan dan kebenaran.

VIDEO PILIHAN