Mohon tunggu...
Suhaimi Arza
Suhaimi Arza Mohon Tunggu... Guru - Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Guru dan Sekaligus Fasilitator Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Pertama MIN 12 Nagan Raya Melaksanakan ANBK Tahun 2022

2 November 2022   15:34 Diperbarui: 2 November 2022   15:37 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kasubbag Tu Kemenag Nagan Raya Tarmidhi sedang melihat bagaimana siswa berusaha memecahkan masalah  pada soal ANBK (Sumber Kemenag Nagan Raya)

Nagan Raya ( MIN 12 Nagan Raya). Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian yang dilakukan untuk melaksanakan ketentuan pasal 12 peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021. ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

ANBK pada MI/SD  adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dengan menggunakan istrument Asesment Kompetensi Minium, servei karakter, dan survei lingkungan belajar. AKM  adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam literasi membaca  dan literasi matematika (numerasi). 

Dalam Soal yang dikeluar pada ANBK berdasarkan impementasi dari literasi, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami , menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalahdan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga negara indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produkrtif dalam masyarakat. Sedangkan numerasi adalah kemampuan  berfikir mengunakan konsep , prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari hari pada berbagai konteks yang relevan untuk individu.  Survey Karakter pengukuran sikap , kebiasaan , nilai nilai (value) berdasarkan enam aspek profil pancasila. Sedangkan Survey Lingkungan  belajar adalah pengukuran terhadap pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

 Pelaksanaan ANBK  di MIN 12 Nagan Raya dilakukan secara online, mulai hari ini rabu hingga kamis, tanggal 2 s.d 3 november 2022. Jumlah peserta didik yang mengikuti ANBK sebanyak 30 orang yang dibai menjadi 2 sesi, sesi pertama 15 dan sesi kedua juga 15 peserta didik.  Pelaksanaan dipusatkan di ruangan guru dengan memakai komputer yang tersedia di madrasah.

Dalam kegiatan ANBK yang dipantau langsung oleh Kepala Madrasah Cut Rosmiati, semua panitian menjalankan tugasnya masing masing, pelaksana  dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa bidang seperti proktor Ratna Mariani, Pengawas Enni Asrida, Sinta Jasmida, Zainal Abidin, Paridon dan  teknisi saat pelaksanaan Nurbaiti.

Informasi yang diungkapkan Kepala  MIN 12 Nagan Raya kepada editor  " hari pertama pelaksanaan ANBK  secara online mendapat sedikit kendala pada saat leptop mau masuk ke exam broser terkendala keran hidupnya anti virus sehingga membuat beberapa komputer menjadi tidak terkoneksi CBT dari kementerian pendidikan tersebut" ,  lanjutnya Alhamdulillah hal demikian dapat diatasi oleh proktor yang menghendel jalannya kegiatan ANBK di MIN 12 Nagan Raya.

Seterusnya Cut Rosmiati, "mengharapkan kepada seluruh panitian yang agar  kejadian yang demikian dapat terdektiksi sebelum pelaksanaan agar kedepan kegiatan kegiatan seperti ANBK berjalan sesuai dengan yang diharapkan". 

Informasi hasil yang penulis gali dari beberapa peserta didik yang mengikuti ANBK di MIN 12 Nagan Raya, menurut mereka soal soal yang diberikan  tidak terlalu sulit dan tidak juga mudah, kebanyakan adalah versi cerita yang dibaca setelah itu tinggal mereka menconteng atau klik hasil dari cerita soal , penelaran  untuk menjawab apakah benar atau salah,  kata salah satu peserta didik  "apa yang mereka pelajari saat di buku tema tidak ada yang keluar pada soal ANBK.

Selanjutnya informasi bahwa pada pelaksanaan Hari pertama ANBK di MIN 12 Nagan Raya kedatangan Monev dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya yang dihadiri Oleh Kasubbag  TU, Tarmidhi , S.Ag, MA., dan didampingi setia oleh pihak  dari staf pendis M. Husen dan Muttaqin .

Penulis : Suhaimi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun