Mohon tunggu...
Sugiyanto Hadi Prayitno
Sugiyanto Hadi Prayitno Mohon Tunggu... Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Pensiunan PNS, penulis fiksi. Menulis untuk merawat ingatan.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

THR Segera Cair, Buka Rekening Baru dengan Aplikasi di Smartphone

11 Mei 2019   23:57 Diperbarui: 12 Mei 2019   22:12 43 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
THR Segera Cair, Buka Rekening Baru dengan Aplikasi di Smartphone
rekening baru dengan aplikasi di smartphone

Ada saat pegawai negeri dan para pensiunan merasakan kegembiraan yang lebih besar dibandingkan rutinitas awal bulan lainnya. Kegembiraan itu manakala gaji naik, kemudian cair secara bersamaan alias di-rapel.

Tahun 2019 ini dengan kenaikan gaji sekitar 5 persen, para pegawai negeri sipil dan pensiunan mendapatkan angka bulan lebih, yang diterima pada April lalu. Nah, sekarang harap-harap cepat dengan akan turunnya uang THR. Kabar yang beredar tanggal 24 Mei nanti rupiah dengan nama tunjangan untuk hari raya itu sudah dapat diterima oleh mereka yang berhak. Sedangkan untuk gaji ke-13 diterima menjelang tahun ajaran baru, atau bulan Juni.

Selain THR, pegawai dan para pensiunan juga mendapatkan gajike-13. Nilainya masing-masing 20 triliun, dan total 40 triliun rupiah. Luar biasa besar angka rupiah itu. Karenanya Pemeriantah berharap banyak agar pegawai dan pensiunan mampu memanfaatkan dengan baik. Dan bersamaan dengan itu ada pengaruh positif terhadap perekonomian secara lebih luas.

Media memberitakan terkait hal itu sebagai berikut:

Pemerintah memastikan akan segera mencairkan anggaran Tunjangan Hari Raya ( THR) dan gaji ke-13 pegawai negeri sipil ( PNS) dan pensiunan. Peraturan Pemerintah (PP) sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapan anggaran THR PNS dan pensiunan mencapai Rp 20 triliun. "Peraturan Menteri Keuangannya (PMK) kami selesaikan hari ini dan sesudah itu kementerian atau lembaga dan daerah sudah bisa memulai proses mengajukan," ujarnya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).  money.kompas.com

*

Dengan adanya dua uang ekstra tersebut, maka muncul gagasan pihak perbankan agar para pegawai negeri dan pensiunan memisahkan uang THR yang bakal diterima menjadi bentuk tabungan tersendiri.

Dengan kata lain, seberapapun besar/kecilnya uang tersebut sangat tidak layak untuk dihabiskan cepat-cepat. Maka alangkah baiknya dibuatkan rekening tersendiri dalam penggunaannya. Dalam hal ini perlu membuka rekening baru. Caranya tidak ribet, dan bahkan sangan praktis, sederhana, dan gampang; yaitu dengan memanfaatkan aplikasi dari bank yang dipilih.

Keuntungan menggunakan aplikasi, yaitu tidak perlu datang secfara fisik ke bank, tidak perlu membawa berbagai dokumen, cukup memanfaatkan kecanggihan fitur yang ada pada ponsel pintar, atau smartphone. Semua proses konvensional itu bisa diganti hanya dengan beberapa ketukan di ponsel. Prosesnya mudah dan hasilnya cepat.

Bank Tabungan Pensiun Nasional ( BTPN) misalnya, dengan produknya digital banking yang berbasis aplikasi smartphone Jenius telah melayani costumer sejak Agustus 2016. Digital Banking Value Proposition & Product Head BTPN, Irwan Sutjipto Tisnabudi mengatakan, dengan Jenius seseorang bisa membuka rekening dalam 10 menit sampai 15 menit. ekonomi.kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN