Mohon tunggu...
Sugiarto Sumas
Sugiarto Sumas Mohon Tunggu... Guru - Widyaiswara Ahli Utama

Sebagai widyaiswara di Kementerian Ketenagakerjaan bertugas untuk menjadi fasilitator / pembimbingan peningkatan kompetensi pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan. Menulis artikel ilmiah dan artikel populer adalah salah satu hobby sekaligus kewajiban sebagai tenaga pendidik

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Berbeda Tapi Laku

17 November 2022   21:15 Diperbarui: 19 November 2022   06:07 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto koleksi PPSDM Ketenagakerjaan, 2022

DEPOK. Terinspirasi dari kalimat  Bhinneka Tunggal Ika pada Lambang Negara Garuda Pancasila, yang  artinya "berbeda tapi satu", maka tulisan ini berjudul 'berbeda tapi laku".

Bhinneka Tunggal Ika, atau berbeda tapi satu,  merupakan sesanti yang menggambarkan bahwa bangsa Indonesia memang ditakdirkan  memiliki berbagai  perbedaan, tetapi tetap satu dalam bingkai NKRI.

Berbeda Tapi Laku dalam tulisan ini, adalah sebuah analisis terhadap berbagai  perbedaan dalam perdagangan  barang dan jasa,  baik berbeda secara alami maupun berbeda secara artifisial. Namun, perbedaan ini malahan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli / pelanggan / penerima  untuk membelinya.

Suatu produk barang dan jasa akan menarik dan menjadi pusat perhatian konsumen apabila berbeda dengan produk barang dan jasa sejenis pada umumnya.

Perbedaan terketak pada hal yang tidak seperti biasanya. Misal dalam hal merek dagang dan kemasan, ukuran, warna, waktu penjualan, kecepatan, cara pembuatan, diversifikasi, dan lain-lain.

Perbedaan tersebut akan menimbulkan penasaran dan menarik perhatian pelanggan.

Perbedaan dalam merek dagang yang menarik perhatian calon pelanggan, misalnya kita mengenal restoran dengan nama Rawon Setan di Surabaya.

Bahan baku Rawon Setan ini  sesungguhnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan rawon pada umumnya, tetapi dengan nama Rawon Setan menarik pembeli, apalagi dikombinasi dengan waktu penjualannya pada malam hari hingga larut malam semakin menarik perhatian pembeli.

Seolah ingin membuktikan cerita masa anak-anak  dahulu bahwa setan seringnya bergentayangan pada malam hari.

Perbedaan dalam kemasan yang menarik perhatian pelanggan, misalnya kemasan dari bahan organik lebih menarik dari kemasan plastik bagi kalangan kelas menengah yang peduli lingkungan hidup.

Perbedaan dalam ukuran yang menarik perhatian pelanggan, misalnya kita mengenal toko roti yang menjual roti ukuran kecil di luar kebiasaan dengan nama Roti Unyil di Bogor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun