Mohon tunggu...
Sugiarto Sumas
Sugiarto Sumas Mohon Tunggu... Guru - Widyaiswara Ahli Utama

Sebagai widyaiswara di Kementerian Ketenagakerjaan bertugas untuk menjadi fasilitator / pembimbingan peningkatan kompetensi pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan. Menulis artikel ilmiah dan artikel populer adalah salah satu hobby sekaligus kewajiban sebagai tenaga pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keterkaitan Corporate University dengan Organisasi Pembelajar

22 September 2022   20:30 Diperbarui: 18 November 2022   16:07 185 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi 5 Elemen Organisasi Pembelajar, Sumber: Profit.co 

JAKARTA. Organisasi pembelajar (learning organization) kembali marak dibicarakan bersamaan dengan maraknya pembicaraan tentang Corporate University  akhir-akhir ini.

Bagaimana keterkaitan satu sama lain? Adakah pengaruhnya terhadap kurikulum pembelajaran? Berikut ulasan singkatnya.

Semula Corporate University  (Corpu)  dikembangkan di kalangan bisnis, kini sudah dikembangkan di kalangan pemerintah di seluruh dunia.

Di Indonesia,  Corpu mulai dikembangkan di BUMN  pada tahun 2000-an.  

PT. Telkom dapat dikatakan sebagai pelopornya, diikuti  antara lain oleh PT. Pelindo 2, PT. Pertamina,  BPJS Ketenagakerjaan, dll. Selanjutnya  dikembangkan pula di instansi pemerintah Indonesia.

Di kalangan Pemerintah Republik Indonesia berdiri Kemenkeu Corporate University pada  tahun 2015 dan  dinilai berhasil (Agung Yuniarto, 2019).

Diikuti Kementerian / Lembaga / Daerah lain, antara lain: Kemenkumham Corporate University (2020), Corporate University Jawa Barat (2020), Kemnaker Corporate University (2022), dll.  

Sejatinya Corporate University  (Corpu) berbeda dengan universitas yang dikenal masyarakat selama ini, seperti Universitas Indonesia, IPB University, ITB University, Universitas Gadjahmada, Universitas Airlangga, dll.  

Sebagaimana diketahui, universitas adalah Lembaga  yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi mahasiswa untuk memperoleh pencapaian  kompetensi dan  gelar  tertentu, mulai diploma 1 hingga strata 3. Di akhir perkuliahan biasanya diadakan perayaan wisuda.

Sementara, Corpu adalah sebuah metode pembelajaran untuk mengembangkan pengetahuan dalam organisasi pembelajar. Prinsipnya adalah pembelajaran tanpa batas,  di mana saja, kapan saja, dan berkelanjutan.  Sehingga tidak ada perayaan wisuda.

Dengan demikian, maka keberhasilan Corpu tidak dapat lepas dari keberhasilan organisasi pembelajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan