Mohon tunggu...
Sucen
Sucen Mohon Tunggu... Administrasi - Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Masa depan adalah Hari ini.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kapan Inspirasi Mengalir?

17 September 2019   15:03 Diperbarui: 17 September 2019   15:31 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber. sarjanakata.com

Pemikiran insting ada setiap saat, kapan dimana dan saat apapun kita bergelut dengan itu. inspirasi akan hal -hal baru juga setiap saat terlintas hanya saja kita tidak sanggup menguraikan dengan tulisan dari satu ide ke ide yang lain padahal banyak sekali hal yang bisa kita abadikan lewat tulisan semisal apa yang sedang saya tulis sekarang.

Mungkin hal ini dibilang sepele namun bagi saya ini adalah cara saya melatih kepekaan akan keadaan dan situasi yang kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan dengan harapan bisa mewakili pikiran pembaca.

Menulis bukanlah hal yang sulit, dikatakan sulit ketika kita tidak bisa memulainya. Kata Guru saya " cobalah menulis apa saja " katanya lagi " Apa yang ditulis akan abadi, apa yang dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu " sangat super sekali menurut saya. Inilah yang kemudian menggugah keinginan dan minat saya akan menulis.

Inilah ide saya hari ini apa yang saya tulis merupakan hasil dari olahan ide kemudian dituangkan lakukan dan lakukan terus.

Buatlah kerangka pondasi cara menuangkan ide ke dalam tulisan dengan begitu kita akan terlatih ketika terbesit atau dalam hal apapun bertemu sebuah ide untuk menulis misalnya ketika melakukan perjalanan kita menemukan sesuatu yang menarik maka dengan sendirinya kerangka ide kebiasaan kita menulis akan secara otomatis menata dan membuat sebuah ide dan inspirasi menulis apa yang baru saja kita lihat.

Sangatlah menarik menurut saya jika hal itu sudah ada dalam benak kita, kepekaan terbentuk secara tidak sengaja pikiran kritis dan deteksi suatu masalah akan tergambar. lebih menarik lagi jika ditulis detil secara keseluruhan bait demi bait.

Inilah fase dimana bakat menulis mulai terasah insting naluri berkolaborasi menyusun rangkaian cerita bahkan fakta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun