Mohon tunggu...
Sufyan Rendi_PWK_UNEJ
Sufyan Rendi_PWK_UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA S1 PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Seorang mahasiswa yang belajar menjadi pesaing yang kuat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Surga Terpencil di Jember

22 September 2022   05:03 Diperbarui: 22 September 2022   05:17 156 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jember adalah salah satu kabupaten sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia, namun Kabupaten Jember tak hanya mengandalkan komoditas ekspor tembakau nya melainkan destinasi pariwisata yang jarang sekali orang tahu. Beberapa wisata di Kabupaten Jember juga sempat beberapa kali viral di dunia maya atau sosmed, salah satunya adalah Kebun The Gunung Gambir.

Disini saya Muhammad Sufyan Rendi Wirawan dari Fakultas Teknik Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota akan membahas apa saja yang menjadi permasalahan ekonomi di salah satu tempat wisata di Kabupaten Jember yaitu Kebun Teh Gunung Gambir.

Taman Wisata Kebun Teh Gunung Gambir adalah kawasan wisata kebun teh dengan luas 183 hektar dan berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember Jawa Timur. 

Tepatnya di lereng Gunung Argopuro yang berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota dan terletak pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut.Kebun teh Gunung Gambir merupakan peninggalan kolonial Belanda dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII.

Taman Wisata Kebun Teh Gunung Gambir jika di lihat secara kasat mata mungkin seperti perkebunan terhampar alam hijau tanaman teh yang menghiasi di sepanjang kiri dan kanan jalan. 

Perjalanan menuju kebun teh dibutuhkan kesabaran karena akses jalan menuju ke tempat wisata masih banyak bebatuan.. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi wisata membutuhkan kurang lebih 1 jam 40 menit.

Taman Wisata Kebun Teh Gunung Gambir juga menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawan yang datang sehinnga mereka bisa melakukan berbagai macam cara untuk menikmati Taman Wisata Kebun The Gunung Gambir

Berikut ini fasilitas yang bisa di dapatkan jika berkunjung ke sana:

  • Teawalk

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Taman Wisata Kebun The Gunung Gambir ialah teawalk. Teawalk sendiri yaitu jalur trekking yang membentang di sepanjang kebun teh, berbentuk jembatan. 

Nama jembatan teawalk ini ialah Jembatan Layang Klobungan. Jembatan kayu yang mengitari kebun teh seluas 183 hektar. Jadi tidak usah bersusah payah untuk menikmati pemandangan teh sepanjang Taman Wisata Kebun Teh Gunung Gambir.

Home Stay

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan