Sudiyanti Masdi
Sudiyanti Masdi karyawan swasta

A passionate writer and food traveler

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ternyata Saldo E-Money Bisa Ditunaikan dengan Mudah

15 November 2017   09:09 Diperbarui: 15 November 2017   09:50 773 3 1
Ternyata Saldo E-Money Bisa Ditunaikan dengan Mudah
Sumber: finansialku.com

Penggunaan uang elektronik sudah efektif diberlakukan. Selain penggunaannya praktis, Anda juga bisa me-redeemuang elektronik. Agar pengeluaran Anda tetap terkendali, yuk simak cara cerdas menggunakannya!

Terhitung mulai tanggal 31 Oktober 2017, pembayaran jalan tol di gardu tol sudah menggunakan alat pembayaran berupa kartu elektronik. Melalui Badan Pengatur Jalan Tol yang bekerja sama dengan Bank Indonesia, pemerintah sudah siap melakukan sosialisasi dalam penerapan elektronifikasi pembayaran jalan tol sebanyak 100%. Ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam meningkatkan Gerakan Nasional Non-Tunai dengan target sebanyak 75% di tahun 2019.

Sumber: cermati.com
Sumber: cermati.com

Saat ini sudah ada 5 jenis kartu yang bisa diisi uang elektronik dari berbagai bank. Mulai dari PT Bank Mandiri Persero Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Central Asia, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk, PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk dan PT Bank Negara Indonesia. Selanjutnya akan disusul oleh Bank DKI, Bank Nobu dan Bank Mega yang nantinya turut melakukan elektronifikasi dalam pembayaran jalan tol per Desember 2017 mendatang.

Pengisian Ulang di Outlet, Bukan di Gerbang Tol

Memang, pengisian ulang saldo uang elektronik bisa dilakukan di gerbang tol. Namun, kebiasaan ini bisa menimbulkan antrian yang mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tol. Bagi Anda yang ingin bepergian melalui jalan tol ada baiknya untuk selalu mempersiapkan saldo di dalam kartu elektronik. Isilah ulang saldo di outlet seperti Indomart, Alfamart, merchant/fasilitas bank (ATM atau e-banking). Pengisian saldo minimal pada masing-masing kartu elektronik adalah sebesar Rp 20 ribu. Pasalnya, tujuan dari elektronifikasi ini untuk menurunkan antrian kendaraan di gerbang tol yang panjang setiap harinya.

Uang Elektronik Bisa atau Di-redeem

Tak hanya sekedar diisi dan dipergunakan, ternyata uang elektronik bisa ditunaikan atau di-redeem. Sebagaimana peraturan yang telah diatur oleh Bank Indonesia. Anda sebagai pengguna uang elektronik tidak perlu khawatir jika ingin menguangkan kembali saldo yang dimiliki dalam kartu elektronik. Misalnya Anda pengguna e-moneydari Bank Mandiri. Anda cukup datang saja ke salah satu cabang Bank Mandiri terdekat untuk menukarkan sisa uang elektronik dalam bentuk tunai sehingga uang Anda tidak akan hilang tanpa kejelasan. Uang elektronik yang bisa ditukarkan pun bisa mulai dari Rp 10 ribu. Walaupun saldo Anda yang tersisa adalah Rp 3 ribu pihak bank akan tetap melayani.

Kartu uang elektronik memang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Anda tak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar jika tidak dalam keadaan mendesak. Apabila e-moneyyang Anda miliki belum digunakan dalam jangka waktu yang panjang, uangkan saja sisa saldonya. Yuk, bijak dalam menggunakan uang elektronik!

Referensi:

Tarik Tunai E-Money, Manfaatkan Lebih Cerdas!