Mohon tunggu...
Suci Novearanti
Suci Novearanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi baca novel dan komik

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Self Love bagi Diri Kita Sendiri

20 September 2022   22:24 Diperbarui: 20 September 2022   22:47 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

SELF LOVE. Itu adalah kata yang sangat tidak asing bagi kita semua. Kata self love sering kali kita lihat di sebuah lagu atau quotes yang orang lain buat. Self love sendiri berarti mencintai diri sendiri. Pertanyaannya adalah apa kalian sudah mencintai diri kalian sendiri? Mungkin terlihat sepele, namun ternyata banyak orang yang bahkan tidak bisa mencintai diri sendiri tapi bisa mencintai orang lain. Banyak orang mengatakan bahwa mencintai diri sendiri lebih sulitdari pada mencintai orang lain. Bagaimana bisa seseorang tau caranya mencintai orang lain namun tidak bisa mencintai dirinya sendiri? 

Seseorang bilang bahwa semua hal harus dimulai dari diri sendiri, dan itu juga berlaku pada self love. Monica Sulistiawati, M.Psi, psikolog dari Personal Growth mengatakan, self love atau mencintai diri sendiri adalah berusaha menerima diri sendiri apa adanya. Ia juga mengatakan, self love ialah keadaan dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri, menghargai diri sendiri, memberikan dukungan pada diri sendiri, berusaha berbuat baik untuk diri sendiri, dan berusaha memaafkan diri sendiri saat berbuat hal yang salah atau keliru adalah poin pentingnya.

Alasan seseorang sangat sulit mencintai dirinya sendiri adalah karena rasa insecure dalam diri. Seseorang yang mudah insecure akan selalu berpikir bahwa dia lebih rendah dari orang lain yang membuat dia semakin sulit menerima diri sendiri. Alasan kedua adalah kepercayaan diri yang rendah. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah akan selalu merasa kurang terhadap dirinya sendiri. Alasan ketiga adalah tidak bisa menerima kekurangan sendiri dan selalu fokus pada kelebihan orang lain. Manusia tidak ada yang sempurna, tentu saja Tuhan memberikan sebuah kekurangan dalam diri bukan tanpa alasan. Kita semua harus belajar menerima semua kekurangan kita. Memiliki sebuah kekurangan bukanlah sebuah kejahatan. Alasan terakhir adalah cyber-bullying. 

Dalam jurnal yang berjudul Pengaruh Cyber-bullying Terhadap Upaya Untuk Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri (Self-love) yang ditulis oleh Agustian Elyas, Yadi Rukmayadi, Gumilar Pratama, Cyber-bullying merupakan tindakan atau perilaku yang bertujuan untuk menakuti,menyakiti maupun ujaran kebencian yang dapat menyebabkan kerugian pada pihak atau korban dari Cyberbullying itu sendiri,umumnya berupa cemoohan atau hinaan berupa fisik atau perilaku yang menyerang psikis korban,seperti
mengetik hal negatif di kolom komentar korban.

Salah satu bentuk self love adalah penerimaan diri. Menurut jurnal yang ditulis oleh Maesya Imroatun Nururohim ciri-ciri penerimaan diri sebagai berikut :

1. Orang yang menerima diri adalah orang yang memiliki harapan yang realistis sesuai keadaan dan menghargai dirinya sendiri. Maknanya orang tersebut tidak berekspetasi di luar kemampuan diri sendiri.

2.Percaya diri dengan meyakini standar-standar dan pengetahuan dirinya tanpa terpaku pada pendapat atau pengajuan dari orang lain.

3. Memiliki keterbatasan akan keterbatasan dirinya dan tidak melihat pada dirinya sendiri tanpa irasional. Maknanya orang tersebut dapat diapahami.

4. Keterbasan dirinya namun tidak mengeneralisir menyadari aset yang dimiliki dan merasa bebas berekspresi.

Jangan pernah menganggap dirimu itu payah. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu dan kita semua adalah berharga. Memiliki kekurangan dan kelebihan adalah manusiawi. Mulailah berkenalan dan berdamai dengan diri sendiri. Mungkin saat ini kalian belum sepenuhnya kenal dengan diri sendiri, tapi cobalah untuk mengenalnya dan bisa jadi kalian akan langsung jatuh cinta dengan diri sendiri. Apapun itu, mulailah dari diri sendiri termasuk dalam hal cinta.

Daftar Pustaka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan