Mohon tunggu...
Suci Kurnia
Suci Kurnia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Nama Lengkap : Suci Kurnia Nama Panggilan : Nia Tanggal Lahir : 30 Juni 2001 Status : Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa UIN Malang Sosialisasikan Pentingnya 6 Langkah Cuci Tangan dan Bahaya Covid-19 kepada Murid MI Al Hikam

28 Januari 2022   23:55 Diperbarui: 29 Januari 2022   00:10 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kamis, 6 Januari 2022 Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang sedang melaksanakan KKM-DR di Desa Ambulu mengadakan kegiatan sosialisasi pentingnya mencuci tangan dengan 6 langkah cuci tangan dan bahaya Virus Covid-19 kepada siswa MI Al Hikam di Dusun Langon, Desa Ambulu, Kabupaten Jember. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi MI Al Hikam terkait pentingnya mencuci tangan dalam rangka pencegahan penularan Virus Covid-19

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di dua kelas yakni kelas 3 dan 4 yang di awali dengan  pendekatan kepada siswa agar terjalin keakraban antara mahasiswa dan siswa MI. Selanjutnya mahasiswa UIN Malang menjelaskan bahayanya Virus Covid-19 dan bagaimana cara mencegah agar tidak terkena Virus Covid-19, salah satunya dengan rajin mencuci tangan ketika sebelum makan atau minum. 

Ketika siswa ditanya bagaimana cara mencuci tangan yang baik?, seluruh siswa dengan semangat menjawab pertanyaan. Kebanyakan siswa menjawab menggunakan sabun dan air. Masih banyak siswa belum mengetahui dengan benar bagaimana cara mencuci tangan  yang baik agar kuman yang terdapat ditangan hilang. Oleh karena itu, selanjutnya mahasiswa UIN Malang menjelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan 6 langkah mencuci tangan yang didemonstrasikan dengan gerakan yang  diiringi musik lagu "Baby Shark", agar dapat dengan  mudah dipahami dan dihafal oleh para siswa. 

6 langkah mencuci tangan yakni 1) Gosok kedua telapak tangan, 2) Gosok bagian belakang kedua tangan, 3) Gosok kedua telapak tangan dan jari-jari, 4) Kunci jari dan gosokkan bagian belakang jari kedua tangan, 5) Gosok ibu jari dan putar, untuk kedua tangan, 6) Usapkan ujung jari pada telapak tangan, di kedua tangan. Gerakan diulangi berkali-kali yang diikuti oleh seluruh siswa agar cepat dihafal. 

Setalah itu, mahasiswa UIN Malang menawarkan bagi siswa yang berani maju dan hafal gerakan 6 langkah mencuci tangan akan mendapatkan hadiah. dengan tawaran tersebut, seluruh siswa sangat antusias dan semangat untuk maju. Karena banyak sekali yang berani maju, kakak-kakak mahasiswa membatasi hanya 6 siswa yang dapat maju kedepan. setelah itu 6 siswa yang telah terpilih mendemonstrasikan gerakan 6 langkah cuci tangan dihadan teman-teman kelas dan kakak-kakak mahasiswa. Kemudian siswa diminta duduk kembali dan diberikan hadiah yakni handsanitazer ukuran besar. 

Selanjutnya mahasiswa UIN Malang mengajak siswa untuk melakukan eksperimen untuk membuktikan pentingnya mencuci tangan untuk menghilangkan kuman dan virus. Berikut tahapan eksperimen yakni 1) Isi kedua piring menggunakan air lalu taburkan merica atau lada bubuk, 2) Oleskan hand sanitazer ke tangan kanan dengan gerakan 6 langkah, sedangkan tangan kiri tidak diberi handsanitazer, 3) Masukkan kedua tangan ke dua piring yang sudah ditaburi merica atau lada, 4) Lakukan pengamatan. 

Tangan kanan yang diolesi hand sanitazer ketika dicelupkan ke piring, merica atau lada menjauhi tangan, sedangkan tangan kiri yang tidak diolesi hand sanitazer merica atau ladanya menempel ditangan. Hal tersebut membuktikan bahwa pengunaan hand sanitazer dan sabun dengan 6 langkah mencuci tangan dapat menjauhkan dan menghilangkan kuman maupun virus dari tangan kita.  Seluruh siswa sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan eksperimen dan ingin mencobanya dirumah. 

Setelah melakukan ekperimen, selanjutnya pembagian masker  dan hand sanitazer kecil kepada seluruh siswa sebagai langkah pencegahan penularan Virus Covid-19 di sekolah. Lalu melakukan sesi foto bersama dan ditutup dengan membaca do'a dan salam.

Kegiatan Sosialisasi telah selesai dan mahasiswa  berpamitan dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah MI Al Hikam yang sudah mengizinkan untuk melaksanakan salah satu kegiatan KKM di MI Al Hikam. Kemudian foto bersama ibu Kepala Sekolah sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan. Setelah melakukan foto, mahasiswa berpamitan kembali dan izin kembali ke posko untuk melanjutkan kegiatan lainnya.

(KKM-DR Pokja Ambulu Jember/ Asa Karsa /2021-2022)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan