Mohon tunggu...
Suartini Iklima
Suartini Iklima Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tipe Guru pada umumnya tetapi senang dengan perubahan dan inovasi baru. Walau usia bukan muda lagi tetapi semangat belajar dari berbagai media dan orang sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kehadiran Penuh Modul 2.3. Coaching

29 November 2022   00:05 Diperbarui: 29 November 2022   22:04 16183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengalaman saat berhasil menghadirkan fokus selama melakukan percakapan dengan seseorang.

  • Beberapa hari yang lalu saya dengan salah seorang rekan melakukan percakapan dimana rekan yang menceritakan salah satu permaslahannya dan saya sebagai pendengarnya. Percakapan itu dilakukan di ruang Guru di waktu istirahat pertama.

Hal-hal yang biasanya dilakukan untuk menghadirkan fokus sebelum dan selama berkegiatan.

  • Bercerita tentang hal-hal yang lucu, cerita ringan atau sederhana, menanyakan aktifitas sebelumnya dan hal-hal menarik lainnnya dan lain sebagainya.
  • Pengalaman saat hilang focus disaat sedang melakukan percakapan dengn seseorang

Penyebab hilangnya fokus

  • Percakapan yang dilakukan dengan tema yang sudah berulan kali di sampaikan
  • Ada rekan lain yang mempunyai kepentingan mendesak yang harus segera diselesaikan
  • Waktu senggang habis
  • Ada tamu datang
  • Ada masalah penting yang urgen yang harus segera diselesaikan
  • Lingkungan kurang kondusif (terlalu ramai)
  • HP berdering

Yang dilakukan untuk mengembalikan focus

  • Mendengarkan dan memberi respon positif
  • Meminta waktu jeda sebentar untuk menyelesaikan kepentingan rekan lain yang lebih mendesak
  • Meminta waktu melanjutkan di waktu senggang nanti setelah jam istirahat berikutnya
  • Meminta rekan guru lain untuk menyambut tamu dan menanyakan keperluan tamu tersebut.
  • Meminta rekan untuk pindah lokasi pembicaraan atau meminta rekan lain untuk mengecilkan volume pembicaraan agar semua dapat menyelesaiakan keperluannya.
  • Meminta izin untuk mengangkat telp sebentar karena sepertinya telp mendesak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun