Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bila ingin memuat artikel untuk kebutuhan Fair Use, bisa menghubungi saya melalui Email di: kecengsc@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Viral Artikel Utama

Viralnya Dayana dan 3 Pelajaran yang Bisa Dipetik

2 Maret 2021   06:35 Diperbarui: 3 Maret 2021   10:11 4036 72 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viralnya Dayana dan 3 Pelajaran yang Bisa Dipetik
Potret Dayana, wanita cantik asal Kazakhstan yang viral karena berkonflik dengan Fiki Naki/voi.id

Kurang lebih 2 Minggu terakhir, nama Dayana kerap kali menghiasi laman sosial media kita, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga beberapa channel berita dan gosip di stasiun televisi. Lantas, apa penyebab dara 18 tahun asal Kazakhstan ini tiba-tiba viral?

Singkatnya, Dayana yang memang sebelumnya sudah cukup terkenal semenjak masuk dalam video Youtube dari Fiki Naki, diketahui terlibat konflik dengan Fiki di perayaan hari Valentine, tanggal 14 Februari 2021 yang lalu.

Konflik tersebut sendiri adalah perihal unggahan konten hadiah Valentine yang (seolah-olah) diberikan Fiki Naki untuk Dayana. Nah hingga kini, ada 2 sudut pandang yang semua orang pun belum tahu mana yang benar.

Menurut versi manajer Dayana, mereka kecewa lantaran honor Dayana dipotong 50% oleh pihak Fiki Naki karena adanya keterlambatan konten yang mereka unggah. Dari sini saja sebenarnya juga bisa diketahui bahwa kesalahan memang ada di pihak Dayana.

Nah, sementara dari versi manajer Fiki Naki, ia mengatakan kalau pemotongan honor itu disebabkan karena Dayana yang tidak profesional dan sebagian besar pekerjaan diurus oleh Fiki. Jadi, klarifikasi dari Fiki ini semakin menyudutkan Dayana.

Oleh karena itu, Dayana kemudian dibully habis-habisan oleh netizen Indonesia. Menanggapi ujaran kebencian tersebut, Dayana malah menimpali dengan pernyataan bahwa ia tak peduli dengan popularitasnya di Indonesia. Ia mengatakan juga, kalau ia bisa lebih terkenal di Rusia dan Kazakhstan.

Ternyata eh ternyata, pernyataan menohok dari Dayana ini memancing reaksi keras dari warganet Indonesia, yang merasa bahwa Dayana sudah menyepelekan bangsa Indonesia.

Netizen pun ramai-ramai membuat gerakan unfollow Dayana secara massal. Ternyata, netizen Indonesia yang baru saja dilabeli netizen paling tidak sopan se Asia Tenggara oleh Microsoft ini, bisa juga kompak kala membela harga diri bangsa Indonesia.

Hal itu terbukti dari followers Instagram Dayana yang turun drastis hanya dalam hitungan hari. Followers IG Dayana dengan username @demi.demik yang awalnya mencapai 2,2 juta orang, kini hanya tersisa 1,3 juta orang saja, dan masih berpotensi turun lagi hingga beberapa hari kedepan.

Dari viralnya kasus Dayana ini, ada setidaknya 3 hal yang saya tangkap dan juga bisa dijadikan pelajaran oleh semua orang. Ketiga poin tersebut antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN