Mohon tunggu...
Steven Chaniago
Steven Chaniago Mohon Tunggu... Email: kecengsc@gmail.com

Mahasiswa Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Pentingnya Menyalakan Kamera Selama Sistem Pembelajaran Online

30 November 2020   09:26 Diperbarui: 2 Desember 2020   15:08 776 77 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menyalakan Kamera Selama Sistem Pembelajaran Online
Ilustrasi (Sumber: Freepik/karlyukav)

Di masa pandemi Covid-19, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sektor yang terdampak dan harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Mulai dari sektor ekonomi, agama, sosial budaya, hingga pendidikan.

Sektor pendidikan tak dapat diayal merupakan salah satu yang paling banyak melakukan adaptasi dalam implementasinya. Hal itu ditandai dengan perubahan proses belajar mengajar dari yang awalnya tatap muka kini bergeser menjadi tatap laptop alias virtual.

Di tengah adaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru, ternyata muncul fenomena yang meresahkan bagi para dosen. Fenomena tersebut adalah hampir semua mahasiswa, selalu mematikan kamera mereka saat tengah belajar online baik melalui Zoom atau Google Meet.

Pelajar banyak yang beralasan bahwa menghidupkan kamera mereka selama 2 sampai 3 jam mengurangi jumlah kuota data mereka secara signifikan. Ditambah lagi, banyak yang merasa tidak rapi atau belum mandi ketika diminta menyalakan kameranya. Hal ini pun coba dimaklumi oleh para dosen.

Tapi, tak sedikit yang justru menyalahgunakan kepercayaan para tenaga pengajar tersebut dengan melakukan hal yang tak seharusnya mereka lakukan saat proses belajar mengajar.

Beberapa postingan di Instagram, ada yang memperlihatkan siswa sedang menonton drama Korea saat berada dalam kelas, ada juga yang kelasnya ditinggal tidur, dan yang paling parah adalah mereka bermesraan bersama pasangan mereka ketika sedang kelas.

Ya, hal tersebut bisa saya ketahui karena ada yang lupa mematikan microphone saat menonton film, atau lupa mematikan kamera saat melakukan hal yang tak seharusnya tersebut saat proses pembelajaran.

Namun, apakah urgensi menyalakan kamera saat kelas online ini benar-benar sepenting itu? Menurut "curhatan" dari dosen saya saat sedang mengadakan kelas online, setidaknya ada 3 alasan beliau yang mengindikasikan pentingnya menyalakan kamera saat kelas. Berikut 3 argumen beliau yang saya tangkap.

1. Mengukur Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Pelajaran
Sebagai dosen komunikasi, dosen saya tahu betul pentingnya penilaian verbal dan non-verbal komunikasi dalam sistem pembelajaran. Ya, aspek verbal dan non-verbal komunikasi sangat vital perannya dalam mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pelajaran yang diterangkan.

Mahasiswa yang menutup kamera bisa saja menjawab "iya" ketika ditanya mengerti atau tidak. Tapi, apakah mereka sungguh-sungguh mengerti? Entahlah, hanya mahasiswa bersangkutan yang tahu, dosen pun tak akan bisa tahu.

Hal itu dikarenakan dosen hanya punya informasi dari verbalnya saja. Tak ada interaksi non-verbal seperti anggukan kepala, menggelengkan kepala, atau mengangkat tangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x