Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar

18 Mei 2021   16:49 Diperbarui: 18 Mei 2021   16:56 64 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar
Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar (Pexels)

Seberapa banyak di antara kalian yang suka mendengarkan musik? Saya adalah salah satunya. Seringkali saya mendengarkan musik sambil mengerjakan aktivitas yang lain, misalnya: saat bepergian (di transportasi umum seperti bus dan kereta), saat beres-beres rumah, dan beberapa kali mendengarkan musik saat belajar atau bekerja.

Namun, tidak semua orang menyukai kegiatan mendengarkan musik sambil beraktivitas. Bisa saja orang tersebut merasa terganggu dan lebih menyukai ketenangan daripada ditemani dengan musik. Meski begitu, ada juga orang yang justru butuh mendengarkan musik supaya lebih fokus dan dapat berkonsentrasi. 

Kira-kira, apa penyebab seseorang suka mendengarkan musik sambil beraktivitas? 

- Musik membantu seseorang lebih tenang.

Alunan nada dan lirik yang dalam bisa membuat seseorang jauh lebih tenang. Ketenangan yang didapatkan dari musik bisa mengurangi kecemasan dan pusing yang berlebih. Hal tersebut dapat dilakukan saat seseorang sedang menunggu antrian, menaiki transportasi umum, atau mendengarkan musik sebelum tidur.

- Musik bisa memperbaiki mood

Apalagi jika musik yang didengarkan adalah musik hasil karya penyanyi idola, saya percaya mendengarkan musik juga bisa memperbaiki suasana hati seseorang. Pemilihan lagu yang sesuai dengan mood juga menjadi nilai plus mengapa orang-orang suka mendengarkan musik. 

Musik bisa memengaruhi suasana hati seseorang (Pexels)
Musik bisa memengaruhi suasana hati seseorang (Pexels)

Musik menghasilkan dopamin

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jonah Lerrer "the neuroscience of music", secara ilmiah ditemukan bahwa musik dapat menghasilkan dopamin bagi tubuh manusia. Dopamin adalah senyawa kebahagiaan yang memengaruhi perasaan dan mood seseorang. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa banyak orang mendengarkan musik karena manfaatnya yang segudang. 

Baca juga: Numerologi dan Musik, Siapakah Dirimu dalam Alunan Melodi?  oleh Rudy Gunawan

Lantas, bagaimana dengan manfaat medengarkan musik saat belajar?

Belajar adalah kegiatan yang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Kita dituntut untuk dapat berkonsentrasi dan menghadapi berbagai materi dan tugas sekolah/perkuliahan.  

Tidak jarang kondisi tersebut membuat sebagian para siswa dan mahasiswa mencari cara untuk melepaskan sedikit kepuyengan dan mengalihkannya dengan kegiatan mendengarkan musik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN