Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Mudah Marah, Berikut Makanan Penurun Darah Tinggi

17 Mei 2021   21:37 Diperbarui: 17 Mei 2021   21:47 71 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Mudah Marah, Berikut Makanan Penurun Darah Tinggi
Jangan Mudah Marah, Berikut Makanan Penurun Darah Tinggi (Pexels)

Baru-baru ini sosial dihebohkan dengan berbagai fenomena orang marah-marah yang terekam video dan tersebar luas di kalangan masayarakat. Kasus banyak orang yang terekam marah di antaranya adalah:

- Kasus seorang ibu yang marah kepada kurir karena menolak membayar telebih dahulu (sistem COD) dan memilih untuk membuka paketan secara langsung. Sudah ditegur oleh kurir namun tetap dilakukan. Perdebatan tak berujung memicu amarah dari sang ibu yang menghina dan berteriak kepada sang kurir. 

- Kasus lainnya terjadi saat seseorang diminta untuk putar balik dari arah Pantai Anyer (berkaitan dengan larangan berkerumun), namun marah-marah kepada petugas dan mengatakan istilah kasar.


- Seorang wanita juga terekam marah kepada petugas saat diminta untuk putar balik, demi mematuhi aturan larangan mudik, namun juga berakhir dengan kemarahan dan saling berdebat. 


Masih banyak lagi kasus kemarahan yang terekam dan viral di media sosial. Hal tersebut setidaknya memberikan kita beberapa pelajaran mengenai:

- Pentingnya mengatur emosi, berkepala dingin, dan hindari berkata-kata kasar di tempat umum

- Mengendalikan diri dan upayakan penyelesaian masalah secara baik-baik.

- Pastikan suasana hati Anda yang kacau tidak berkaitan dengan hipertensi. Loh, kok begitu!?

Penderita hipertensi rentan dengan suasana hati yang buruk 

Dilansir Kompas, suasana hati yang buruk ternyata juga bisa disebabkan karena hipertensi (tekanan darah tinggi).  Mengapa orang yang memiliki hipertensi gampang marah? Hal tersebut dikarenakan sulitnya mengendalikan stres, ada pengaruh dari obat hipertensi yang diminum, serta riset juga membuktikan bahwa obat-obatan tersebut juga memberikan efek samping pada mood penderita hipertensi.

Tentu saja fenomena 'gampang marah'  tidak sepenuhnya dialami oleh semua penderita hipertensi. Meski begitu, jika Anda sedang mengalaminya dan ingin mencegah ataupun menurunkan kadar darah tinggi, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Apa saja makanan yang bisa dikonsumsi dan baik bagi penderita hipertensi?

Untuk menurunkan kadar darah tinggi, makanan yang paling baik untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x