Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja

9 April 2021   16:29 Diperbarui: 9 April 2021   16:42 445 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Bisa Membuat Portofolio untuk Melamar Kerja
Membuat dan Mengelola Portofolio Mahasiswa Untuk Melamar Kerja (Pexels)

Tidak bisa dipungkiri bahwa lapangan kerja saat ini semakin padat dan kompetitif. Apalagi kondisi dan keadaan pasca pandemi menyisakan beberapa kerugian seperti: sulitnya melamar  kerja dan meningkatnya tingkat pengangguran.  Angka pengangguran dilaporkan yang semula 4,9 persen meningkat hingga 7 persen dan menembus angka hingga 9,7 juta orang.  

Keadaan tersebut tentu saja menjadi perhatian bagi kita semua. Terutama bagi sumber daya manusia seperti mahasiswa yang harus mempersiapkan diri berkompetisi di tengah-tengah lapangan pekerjaan. Meskipun melamar kerja saat ini sedang susah, jangan sampai kita berhenti untuk mengembangkan diri dan potensi.

Portofolio Untuk Melamar Kerja

Salah satu kualifikasi diterima bekerja adalah memiliki skill/kemampuan di bidang tertentu. Setiap orang pastinya memiliki potensi yang berbeda-beda. Namun, jika potensi tersebut dikelola semaksimal mungkin dan dirangkum menjadi portofolio, maka portofolio tersebut akan membantu kita mendapatkan nilai tambah saat melamar kerja.

Baca juga: Apa Itu Portofolio ? Seberapa Penting Portofolio bagi Industri Kerja? oleh Nahlia Roseno

Berbeda dengan resume/CV yang merangkum data diri, portofolio adalah rangkuman yang berisi berbagai karya yang pernah dibuat yang menunjang seseorang dalam menjelaskan kemampuannya dalam bekerja.

Portofolio biasanya berisi dengan kumpulan karya, project, atau apapun yang sebelumnya pernah dikerjakan dan relevan dengan bidang kerja yang dilamar.

Cara Membuat Portofolio untuk Mahasiswa

Apakah mahasiswa perlu membuat portofolio kerja? Tentu saja perlu! Justru waktu yang tepat untuk membangun portofolio adalah saat masih aktif di bangku perkuliahan. 

Jika kamu aktif mengikuti lomba, kamu bisa mencantumkan karya tersebut ke dalam portofolio. Misalnya: hasil karya mengikuti lomba fotografi, videografer, desainer grafis, penulis, project IT, dsb.

Selain itu, portofolio mahasiswa bisa berupa kumpulan tulisan yang pernah diposting di portal media, mengelola website dan mengikuti kegiatan sukarelawan. Hal apapun yang berkaitan dengan hasil karya bisa dimasukkan ke dalam portofolio kerja.

Membuat dan Mengelola Portofolio Bisa Menggunakan Media Sosial

Paling sederhana kamu bisa menggunakan media sosial seperti: Instagram, Youtube, bahkan Wordpress untuk membuat portofolio. Cara membuat portofolio untuk melamar kerja adalah:

  1. Jika portofolio yang ingin kamu tunjukan sebagian banyak berupa portofolio foto (hasil desain grafis/fotografi), kamu bisa mengunggah dan mengelolanya di Instagram.

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN