Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kerja dengan Browser Saja

23 Juni 2021   09:03 Diperbarui: 23 Juni 2021   09:46 342 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerja dengan Browser Saja
Kerja dengan Google Workspace / firstpost.com

Coba cek, berapa banyak anda habiskan waktu di depan browser?

Browser sendiri ditemukan di tahun 1991, saya sendiri mulai menggunakan dari namanya Mosaic, kemudian Netscape. Jaman itu masih gunakan internet dial untuk terkoneksi ke Internet. 

Browser sekarang berbeda. Dia telah menjadi teman akrab kita. Coba ingat berapa kali anda membuka browser di laptop, dan terutama di smartphone anda. Aplikasi berita mendominasi penggunaan browser pada masa awalnya. 

Tapi sekarang, browser sudah jauh lebih dari itu. Browser telah menjadi tempat kerja kita. Istilah kerennya adalah workplace. Tidak heran, bahkan Google - sang penguasa Internet pun, sekarang menggunakan produknya sebagai Google Workspace. 

Saya sendiri menggunakan browser dalam seluruh kegiatan bisnis, apa saja itu?

Pertama, komunikasi via email. Sekarang tidak usah repot memasang email client, cukup gunakan browser untuk mengakses email. Dan itu cukup gunakan gmail. Smartphone anda yang menggunakan android, pastinya gunakan email gmail untuk komunikasi emailnya. Bahkan banyak orang yang tidak sadar akan hal ini. 

Kedua, mengakses aplikasi perkantoran, atau office. Dulu kita harus install office, dan berbayar cukup mahal. Resource memory dan harddisk juga harus cukup untuk itu. Sekarang tidak, karena semua aplikasi office ini diakses dari browser saja. Google telah menyediakan 3 aplikasi yang paling banyak diakses orang. Google Sheet, Google Docs dan Google Slide, trio office yang sangat diperlukan orang. 

Keempat, mengakses media penyimpanan berbasis cloud. Karena gunakan browser, maka aplikasi semua berubah, diakses dari browser dan gunakan media penyimpanan di cloud juga. Ini ada di tangan anda. Mulai dari Google Drive, OneDrive dan lain sebagainya. Intinya, kita menyimpan file kita di cloud yang disediakan, umumnya disediakan secara gratis terbatas.

Kelima, akses aplikasi yang ada di kantor. Karena WFH, kebanyakan aplikasi kita yang semula berbasis desktop, ada di komputer PC, beralih, semua harus bisa diakses secara browser, dari mana pun. Maka aplikasi bantu seperti TSPLUS menjadi solusi untuk membantu anda mengakses aplikasi-aplikasi desktop yang ada di kantor, tapi hanya cukup gunakan browser dari luar kantor. 

Keenam, atur jadwal dengan Calendar. Jarang kita sadar, padahal kita punya waktu terbatas dalam satu hari. Dan itu semua harus diatur dengan baik. Maka aplikasi calendar dari Google sangat membantu kita. Kita set di smartphone, maka di semua browser dengan akun kita, akan otomatis terjadwal juga. Calendar juga tidak hanya untuk diri kita sendiri, kita bisa mengatur jadwal orang lain, tim kita, dan semua tugas dimasukkan di sana.

Koleksi Pribadi - Kerja dengan Chromebook
Koleksi Pribadi - Kerja dengan Chromebook
Ketujuh, kerja dengan Chromebook. Nah, ini yang mungkin belum banyak yang tahu. Google telah mengeluarkan Chromebook, laptop khusus dengan Chrome Operating System, browser nya malah menjadi sistem operasinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN