Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kembangkan Sayap Branding Anda

13 Juni 2021   11:32 Diperbarui: 13 Juni 2021   11:38 80 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kembangkan Sayap Branding Anda
Slide Presentasi Fanky - Koleksi Pribadi

Dalam dua tahun ini , saya banyak muncul di berbagai seminar dan webinar , karena saya punya target membangun personal branding. Menurut saya ini sudah sangat diperlukan oleh para entrepreneur Indonesia saat ini. Dan ini sangat penting untuk dibangun oleh anda, apapun bidang anda.

Kadang orang bingung harus memulai dari mana. Kalau saya kebetulan target marketnya adalah B2B, maka saya banyak menggunakan LinkedIn sebagai sosial media utama untuk komunikasinya. 

Dan ini yang saya terus lakukan hingga sekarang. Pertama, tentukan strategi dan tujuan dari personal branding kita. Ada yang ingin memperkuat nama perusahaannya, ada yang ingin memperkuat nama brand nya. Ada yang mau perkuat nama asosiasi, ada yang mau perkuat jabatan, apa saja. Itulah fokus anda membangun personal brand. 

Kedua, gunakan kata kunci. Dalam membangun brand, terutama melalui sosial media dan Internet, pasti ada kata kunci yang harus selalu dikaitkan dengan materi kita. Bisa saja itu gambar, artikel, posting tertentu tapi pastikan semua ada kata kunci, keywordnya.

Ketiga, tambah koneksi terus menerus. Kalau saya, sesuai dengan target B2B, maka LinkedIn yang digunakan untuk membangun jaringannya. Maka target minimal 10 koneksi per minggu, ada target follower kalau di sosial media lainnya. Pastikan dalam waktu singkat jumlah koneksi anda bertambah. Saat ini saya baru memiliki 24ribu koneksi, masih jauh dari target.

Keempat, sampaikan bahan viral anda di media yang mudah diakses. Kalau market B2B salah satunya adalah SlideShare. Slideshare dulu dimiliki LinkedIn juga, tapi per Agustus 2020 pindah ke Scribd. Keduanya punya target yang sama, memaksimalkan kekuatan (brand) dari konten. Atau dikenal juga dengan konten marketing.  Dan gabungannya merupakan digital library paling besar saat ini, ada 140 juta pengguna di kedua platform ini.

Kelima, bagikan artikel, informasi bermanfaat di sosial media kita, usahakan kita bisa menjadi acuan, narasumber dari informasi tertentu. Ini yang saya bangun dengan tema-tema seperti  ukm, smartcity, robotik, artificial intellegence, industry 4.0, society 5.0 , smart manufacturing. Ini juga yang menjadi kata kunci yang saya kembangkan terus.

Maka lihat kan, tidak sulit bukan mengembangkan sayap personal brand anda. Dan yang harus segera dilakukan adalah memulainya.

VIDEO PILIHAN