Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kekuatan Brand 3 Huruf, McD dan BTS

10 Juni 2021   07:57 Diperbarui: 10 Juni 2021   08:18 216 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan Brand 3 Huruf, McD dan BTS
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kemarin benar-benar luar biasa. McD diserbu 'pasukan' yang merupakan perwakilan dari customer nya . McD tercatat punya 68juta transaksi harian, luar biasa. Kekuatan transaksi offlinenya sekarang dimanfaatkan maksimal dengan mengerahkan brand BTS. Hasilnya luar biasa viralnya, luar biasa antrinya.

Kenapa BTS ? Band K-POP terkenal ini merupakan band terkenal dari Korea yang ternyata, Indonesia adalah negara no-2 yang penggemar BTS nya paling banyak.

Setelah heboh dan viral di Amerika, lalu Indonesia menjadi negara kedua dimana McD menjalankan strategi  global marketing dengan BTS. Hasilnya kita lihat kemarin.

Coba, cek anak anda sekarang, keponakan anda, apa 3 huruf merek yang mereka ingat. Saya yakin, jawabannya 2 brand ini, McD (dulu kita sering sebut McDonald) dan BTS. Saya ingat benar, jaman bekerja di lingkungan Thamrin Jakarta, McDonald Thamrin menjadi tempat favorit kami. Hingga anak-anak pun sampai sekarang, girangnya luar biasa kalau diajak makan McD. 

Lalu beberapa tahun ini, Indonesia mulai dirasuki K-POP, lagu Indonesia tenggelam dibalik lincah dan sexy nya penari dancer Korea, TV mulai menayangkan mereka siang dan malam, dan isi otak anak kita ditambah 3 kata baru, BTS. Dan juga aneka brand K-POP lainnya, yang saya juga harus lihat-lihat siapa saja mereka. 

Kekuatan merek yang dibangun oleh McD dan BTS ini menarik. Pertama. Hanya 3 huruf. Saya pelajari, banyak brand yang berusaha semudah mungkin orang mengingat brand mereka. Xioami disingkat Mi. Kenapa? Karena otak manusia hanya bisa menyimpan 7 brand. Jadi kalau anda buat brand, jangan panjang-panjang, cuma perlu 3 huruf.

Kedua. Trigger nya apa yang membuat orang berebut ke McD, minta OJOL antri luar biasa disana? Karena 4 hal ini: Penasaran karena ada promo, Marah karena dapatnya lama, Happy kalau berhasil mendapatkan dan share ke sosmed, Sedih kalau tidak berhasil dapat karena keburu ramai, dicancel oleh OJOL.  Inilah kekuatan Marketing 4.0  dibuat bersama, marah bersamaan, happy bersamaan, sedih bersamaan, penasaran bersamaan. Perasaan ini yang membuat kombinasi McD + BTS ini menjadi luar biasa. Setelah dapat brand anda, apa yang membuat orang trigger, tertarik ke brand anda. Ini yang dipikirkan dan dibuat.

Ketiga. Army BTS memang banyak di Indonesia. Terutama kaum wanita. BTS sendiri lebih banyak mengeluarkan album bahasa Inggris, karena marketnya memang global, bukan melulu pasar Korea.  Market yang sama yang telah dimiliki oleh brand sekelas McD, sekarang ditambah kekuatan brand BTS. Tidak heran hasilnya kan.  Bila anda pegang brand global, biasanya sudah ada strategi kampanye seperti ini. Tapi kalau brand nya sendiri, maka buat loyal customer kita. Kumpulkan mereka dengan berbagai cara, mungkin via facebook, WA group, telegram dll, dan terus buat mereka setia dan update. Inilah FANS mereka. Namanya 3F (Fans - Friend - Follower). 'Sentuh' mereka dengan terus membuat mereka tertarik. Karena ini tribe (suku) anda. Jadikanlah customer anda itu seperti pacar anda. 

Keempat, Biar mereka comment. Setelah buat Fans, Friend, Follower, sekarang pastikan mereka ngomong, ngoceh, comment.  Bukan Influencer, cukup anda yang bicara. Karena PEER itu penting, sekarang jamannya horizontal marketing. McD menggunakan Army sebagai MOVER, bukan BTS, yang dimanfaatkan itu tribenya BTS. Karena mereka comment, maka terjadi MANY to MANY CONVERSATION. Semua bicara. Bayangkan kalo ada beberapa orang bicara belanja di tempat anda, lainnya pasti datang dan ingin tahu. Inilah CROWD Activation. Pastikan ini difoto, dibagikan dan terus dikomen, istilahnya, diviralkan terus, tanpa sadar semua saling terlibat.

Sudah ya, 4 jurus yang kita dapat dari apa kejadian McD dan BTS, selamat ya yang sudah dapat berhasil belanja, saya mau coba ke McD hari ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x