Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan hidup, teknologi pangan, kesehatan, kimia pangan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. https://www.kompasiana.com/stalgijk

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ternyata Tips Opor Ayam Menjadi Artikel Utama

12 Juni 2019   23:41 Diperbarui: 13 Juni 2019   20:13 0 21 9 Mohon Tunggu...
Ternyata Tips Opor Ayam Menjadi Artikel Utama
Foto Dok Pribadi J.Krisnomo

Ritual menulis di malam takbiran hampir saja hilang ide. Sementara itu, opor ayam dan sambal goreng ati baru saja matang. Niatnya jelas, biasanya istri sering memanaskan masakan hingga mampu bertahan lebih dari tiga hari. 

Mulailah berjuang, dibuatkan konsep agar cara mengawetkan masakan yang baik dan benar harus digaungkan. Berpegang pada prinsip Keamanan Pangan bahwa suhu pangan aman, kurang dari 5 derajat dan lebih dari 60 derajat Celsius agar terhindar dari cemaran bakteri pembusuk.

Arti singkatnya untuk mematangkan makanan dengan aman bebas cemaran bakteri harus di atas 60 derajat Celsius, atau sampai mendidih agar pemanasan merata di semua bagian, termasuk aduk-mengaduk.

Setelah dihidangkan, tak lebih dari 2 jam di suhu normal, hangat atau panas, sesegera mungkin dipanaskan dan didinginkan, serta disimpan di kulkas.

Otak-atik dan edit sekadarnya, akhirnya tulisan yang sangat bermanfaat, paling tidak menurut penulis, terkirim bangga ke Kompasiana, Selasa (04/06/19).

Tunggu punya tunggu, hingga tengah malam, tak ada status artikel pilihan dari Kompasiana. Meski status-nya menjadi hak redaktur, ada sich perasaan kecewa tak mendapat nilai.

Esok hari, lebaran siang harinya saat menyantap hidangan ketupat opor ayam dan sambal goreng, terbersit ide sesaat. Tentang tulisan opor ayam tak mendapat status, yang masih mengganjal, inginlah diganti foto aktual opor ayam yg saat itu sedang disantap.

Rupanya pembaca Kompasiana tertarik, hingga lebaran kedua sudah ratusan, status tak berubah. Bikin geregetan yang tak jelas, dan sempat berpikir apa ada salah.

He he he ... ! Menjelang siang, ternyata status telah berubah menjadi artikel pilihan. Wach ... senangnya, tulisan yang disukai banyak pembaca rupanya mendapatkan penghargaan nilai pilihan dari Kompasiana.

Pergulatan status telah usai, dan berpikir kembali untuk mencari-cari ide yang lebih aktual dan bermanfaat.

Rupanya ada kejutan, keesokan harinya, Jum'at Pagi (07/06/19), seolah-olah ada lambaian tangan di halaman utama Kompasiana. Tulisan Tips Opor Ayam mendapatkan statusnya Artikel Utama, tepat di saat opor ayam dan sambal goreng yang masih tersisa sangat memerlukan perhatian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x