Mohon tunggu...
Tomson Sabungan Silalahi
Tomson Sabungan Silalahi Mohon Tunggu... Seorang Pembelajar!

Penikmat film dan buku!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Manusia-manusia Tidak Berguna!

18 Mei 2019   11:12 Diperbarui: 19 Mei 2019   03:49 0 15 9 Mohon Tunggu...
Manusia-manusia Tidak Berguna!
loop.co.id

Dalam bukunya "Homo Deus" Prof. Yuval Noah Harari memprediksi akan semakin banyak manusia yang tidak berguna[1] (useless people) pada masa yang akan datang seiring dengan perkembangan teknologi dengan adanya Artificial Intelligent -- kecerdasan buatan yang dimodifikasi dengan bio teknologi. Tenaga manusia yang digunakan saat ini, misalnya kasir, bisa saja digantikan oleh mesin/robot. 

Kalau kita perhatikan, beberapa tahun belakangan ini, ada banyak mesin penjual makanan dan minuman di tempat-tempat tertentu, bandara dan stasiun kereta, misalnya. Hal ini tentu boleh mengafirmasi prediksi Yuval di atas. Singkatnya, angka pengangguran akan meningkat tajam di seluruh dunia.

Di Indonesia, bisa diprediksi angka pengangguran akan signifikan meningkat. Pasalnya, alih-alih menguasai teknologi, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih memprihatinkan. Dari 61 negara, Indonesia menempati urutan ke-60 di bawah Thailand yang menduduki peringkat ke-59. 

Rendahnya tingkat literasi ini selain karena membaca belum menjadi kebiasaan juga diperparah oleh fasilitas pendidikan yang belum memadai[2].

KONTEN MENARIK LAINNYA
x