Pada pertemuan ke-3, Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY) bersama 20 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dan 10 UMKM Yogyakarta menghadiri workshop yang menjelaskan tentang Content Marketing Basic. Materi ke-3 ini masih disampaikan oleh Bondan Satria, Selasa (18/10/2022).
Sekarang banyak perusahaan besar gencar menjalankan promosi kreatif melalui konten. Konten yang mereka sajikan pun beragam, ada yang ringan, menghibur, maupun bermanfaat untuk audiensnya. Oleh karena itu, content marketing ini sangat diperlukan dalam sebuah usaha.
Apa content marketing itu, dan apakah para pelaku UMKM harus menerapakan sistem content marketing untuk brand mereka? Yuk, simak!
Pada era digital ini, content marketing menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand pelaku usaha atau UMKM untuk memperkenalkan produk mereka masing-masing, salah satunya dengan content marketing. Sebelum itu, content marketing ini bukanlah pelaku usaha jual konten untuk produknya, tetapi jualan dengan konten untuk produknya. Strategi dari CM ini adalah strategi jangka panjang untuk membangun relasi dengan customer. Dengan cara membuat konten yang dapat memikat banyak orang, yaitu dengan menampilkan konten berkualitas, relevan, konsisten, dan sesuai 'customer journey'.
 Berbeda dengan promosi pada umumnya, konten yang diberikan saat membuat Content Marketing akan memberikan nilai kepada audiens, bukanlah meminta mereka untuk membeli produk tersebut secara langsung. Dengan strategi ini, akan membuat para audiens tertarik dengan produk yang kita promosikan secara online. Dan setelah itu, customer bisa saja menjadi pelanggan setia untuk produk tersebut.Â
Ada beberapa contoh content marketing yang dapat kita diikuti untuk meningkatkan brand dan menarik kepercayaan customer.
1. Membuat Serial
Contoh: Serial "Will it Blend?".
2. Game
Cara ini bisa menjadi tools untuk content marketing.