Mohon tunggu...
sri wulandari
sri wulandari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sd

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Kondisi Air Layak Minum di Daerah Pesisir Terkontaminan Bisphenol-A

25 September 2022   16:17 Diperbarui: 25 September 2022   20:53 238 15 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Selamat siang sahabat kompasiana, penulis tertarik dengan kualitas air di daerah pesisir.  

Air layak minum memang menjadi program pemerintah. air minum memang menjadi sumber kehidupan semua mahluk hidup di dunia ini.  Air merupakan salah satu sumber energi, tubuh membutuhkan air untuk beraktifitas dan airpun dibutuhkan oleh seluruh mahluk hidup dibumi, tumbuhan, hewan dan manusia. air merupakan salah satu sumber  energi penting bagi manusia, setiap manusia berhak mendaatkan air bersih layak minum. 

Hal ini memng berkaitan dengan kewajiban kita sebagai warga negara untuk  bijak dalam membahas masalah air, ditinjau dari kwajiban dan haknya. 

Kondisi air Layak minum di daerah pesisir

20220925-081848-63301a784addee05e4553472.jpg
20220925-081848-63301a784addee05e4553472.jpg
                                                                                                     sumber: dokpri/sri wulandari

Kita sendiri mengetahui bahwa  indonesia merupakan wilayah yang 3/4 ditutupi air. Air bersih dan sanitasi memang menjadi kendala besar penduduk pesisir,  untuk mengkonsumsi air bersih masyarakat dituntut untuk membeli air gelas setiap hari.

Walaupun sekarang telah ada beberapa pengolah  air isi ulang , lantas untuk sekitar pesisir apakah sumber air bisa didapatkan dari pegunungan? Jawabannya: tidak.

Sumur dijadikan sebagai alternatif  sumber air yang akan proses suling dan menghasilkan air tawar untuk dikonsumsi, lantas apakah semua akan terjawab aman ,jika pemanfaatan  air isi ulang dikonsumsi jangka panjang dan dikonsumsi jangka panjang tergolong aman buat kesehatan. 

Lebih-lebih botol yang digunakan sepele namun perlu pemahaman, jadilah pembaca cerdas, belajar literasi kunci utama kemajuan sudut pemikiran kita. potensi berbahaya migrasi BPA dari kemasan kedalam makanan kita, lantas apa yang dimaksud Bisphenol A (BPA). Bisphenol A merupakan jenis bahan kimia yang memberi efek samping  terhadap hormon endokrin yang berujung pada pemicu kanker. 

Dilansir pada kompas.com, Rita Endang menyatakan potensi berbahaya ini telah mencapai ambang batas. Resiko yang leih terpapar cukup Besar terdampak yaitu pada usia balita,anak-anak , ibu hamil bahkan orangtua dan lansia.  Nah hal ini lebih bersudut panjang , bijaklah dalam memiih Botol bebas BPA free.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan