Mohon tunggu...
Sri Wulandari
Sri Wulandari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tidak Bisa Masuk Akun Facebook? Jangan Bingung, Begini Solusinya

4 September 2015   20:49 Diperbarui: 18 Agustus 2020   11:40 6169 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi tidak dapat masuk akun Facebook (Sumber: www.freepik.com)

Jangan panik ketika akun Facebook Anda tidak bisa diakses karena telah lupa password. Disini saya mempunyai solusi terbaik untuk mengatasi masalah tidak bisa masuk akun Facebook dengan alasan telah lupa password (kata sandi). 

Saya jamin akun Facebook Anda akan bisa di buka kembali dengan normal. Bahkan jika sama sekali Anda telah lupa alamat email atau nomor telepon yang biasa digunakan untuk masuk ke akun Facebook, semua itu ada solusinya. Maka dari itu simaklah caranya yang akan saya bahas pada artikel ini sampai selesai.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa untuk masuk ke akun Facebook itu menggunakan alamat email/telepon dan password/kata sandi. Jika semua data tersebut lupa semuanya atau karena alasan tertentu seperti alamat email atau password berhasil dibobol orang lain (hack), maka Anda bisa mendapatkan kembali akun Facebook tersebut.

Untuk mendapatkan kembali akun Facebook Anda yang lupa password dan alamat email dengan catatan Anda pernah melakukan pengaturan pertanyaan keamanan. 

Jika sebelumnya atau ketika Anda masih bisa login di Facebook pernah membuat pengaturan pertanyaan keamanan, maka ketika Anda lupa password dan alamat email pertanyaan keamanan tersebut adalah solusi agar akun Facebook Anda bisa dipulihkan kembali.

BERIKUT SOLUSI LUPA PASSWORD DAN EMAIL SEHINGGA TIDAK BISA MASUK AKUN FACEBOOK

Biasanya dalam reset password atau kata sandi Facebook data yang diperlukan adalah alamat email aktif atau nomor telepon. Tentunya kedua data ini sebelumnya pernah Anda daftarkan ketika masih bisa masuk akun Facebook. 

Namun jika Anda lupa juga password alamat email untuk membuka hasil reset kata sandi Facebook maka ini masalah baru lagi. Kemudian nomor telepon yang pernah Anda daftarkan juga entah dimana. Misalnya Anda sekarang sudah menggunakan nomor telepon baru lagi dan nomor telepon yang terdaftar di Facebook sudah hilang.

Untuk mengatasi semua masalah tersebut diatas maka solusi satu-satunya adalah memanfa’atkan fasilitas pertanyaan keamanan. Jika tidak pernah membuat pertanyaan keamananpun sebetulnya masih ada solusi lain lagi. Namun disini saya tidak akan membahas itu. 

Disini saya akan membahas cara menggunakan pertanyaan keamanan Facebook ketika kita lupa password dan lupa juga password alamat email atau hilang nomor telepon.

Yang harus Anda persiapkan sebelum trik ini dimulai, Anda harus mempunyai alamat email lain untuk menerima link konfirmasi dari Facebook. Dan ingat alamat email tersebut harus bisa Anda buka atau masih aktif. Jika belum mempunyai alamat email lain, sebaiknya buat dulu alamat email baru. Malas membuat alamat email? Gunakan saja nomor telepon baru yang belum pernah didaftarkan di akun Facebook lain.

Kita mulai saja masalah tidak bisa masuk akun Facebook jika data yang diperlukan seperti alamat email baru atau nomor telepon baru sudah disipakan. Silakan Anda pergi ke halaman Facebook di www.facebook.com. Kemudian Anda klik Lupa kata sandi Anda?

Nah disini Anda harus menentukan akun Facebook mana yang akan kita reset kata sandinya. Disini atau pada kolom pencarian, Anda bisa mencari akun Facebook dengan menggunakan alamat email, nomor telepon, nama pengguna, atau nama lengkap. Pilih satunya yang sekiranya Anda masih ingat data-datanya.

Begitu Anda klik Cari maka Facebook akan mencari akun Facebook berdasarkan data yang Anda masukkan. Jika sudah cocok dengan akun Facebook yang Anda miliki atau yang akan direset passwordnya, Anda klik Tidak punya akses ke sini lagi? Karena disana terdapat dua pilihan untuk mengatur ulang kata sandi, yaitu menggunakan akun Google dan alamat emal. Sedangkan kita tidak mempunyai data-data tersebut.

Klik Lanjutkan dan Anda akan dihadapkan pada kolom untuk mengisi alamat email baru atau nomor telepon. Nah ini maksud saya agar Anda harus mempersiapkan alamat email baru atau nomor telepon baru. 

Silakan Anda masukkan alamat email yang belum pernah digunakan di akun Facebook manapun atau nomor telepon. Hal ini untuk menerima link konfirmasi dari Facebook atau kode aktivasi yang dikirim via sms jika Anda menggunakan nomor telepon.

Ada tiga langkah dalam pemulihan akun Facebook karena lupa kata sandi dan alamat email. Pertama langkah penentuan alamat email baru atau nomor telepon seperti yang diterangkan diatas.

Kedua menjawab pertanyaan keamanan dan ketiga menentukan kata sandi baru. Pada langkah kedua ini akan muncul halaman untuk menjawab pertanyaan keamanan yang sesuai dengan pengaturan Anda sebelumnya ketika masih bisa masuk akun Facebook.

Dalam contoh disini saya dulu menggunakan pertanyaan keamanan Siapa nama belakang guru kelas satu SD Anda? Silakan Anda isi kolom pertanyaan keamanan tersebut.

Klik Lanjutkan dan jika jawaban Anda benar atau sesuai dengan database yang tersimpan di akun Facebook, maka sekarang Anda akan dihadapkan pada langkah ketiga. 

Disini Anda harus menentukan kata sandi baru yang belum pernah dibuat sebelumnya di akun Facebook. Buat kata sandi yang kuat atau yang sangat sulit diprediksi oleh orang lain.

Begitu Anda klik Lanjutkan maka sekarang ada sebuah pemberitahuan bahwa Anda harus memeriksa alamat email. Tentunya alamat email yang tadi Anda daftarkan. Jika menggunakan nomor telepon, Anda akan menerima sms yang berisi kode aktivasi.

Silakan Anda buka kotak masuk alamat email jika memang menggunakan email dalam reset kata sandi Facebook ini. Disana Anda akan menemukan link tautan sebagai bukti kalau Anda telah melakukan reset password akun Facebook. Klik saja link tautan tersebut untuk menyelesaikan proses pemulihan.

Selesai dan sekarang Anda diperintah menunggu selama 23 jam kedepan dan 53 menit. Jadi pemulihan akun Facebook ini demi keamanan, Anda tidak bisa langsung bisa masuk akun Facebook saat itu juga menggunakan alamat email dan kata sandi baru.

Sekarang mungkin yang menjadi pertanyaannya bagaimana jika kita tidak pernah membuat pertanyaan keamanan atau bagaimana cara membuat pertanyaan keamanan tersebut? 

Tunggu di artikel selanjutnya saya akan coba membahasnya. Atau mungkin bagaimana cara mengatasi tidak bisa masuk akun Facebook karena lupa kata sandi dan lupa juga password alamat email atau nomor telepon tanpa menggunakan fasilitas pertanyaan keamanan? 

Hal ini pun Insya Allah akan saya terangkan caranya dilain kesempatan. Akhir kata semoga tulisan ini bermanfa’at.Sumber : Cara Masuk Akun Facebook Ketika Lupa Password Dan Email

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan