Mohon tunggu...
Sri Wahyuni
Sri Wahyuni Mohon Tunggu... #UniGuci

Sri Wahyuni dikenal sebagai #UniGuci asal Sumbar berdomisili di Depok Jabar

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Target Menambah Skill Selama Ramadan

15 April 2021   06:58 Diperbarui: 15 April 2021   07:20 182 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Target Menambah Skill Selama Ramadan
Target - Sumber: pexels.com

Kita sudah masuk hari ke -3 di bulan suci ramadan, kebahagiaan saat mempersiapakan menu berbuka serta senyum bahagia menuju masjid untuk melaksanakan ibadah tarawih secara berjamaah. Pandemi tidak menurunkan semangat beribadah namun membuat kita lebih semangat untuk menunaikan ibadah dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang disampaikan pemerintah.

Bulan suci ramadan bulan penuh berkah jangan sampai kita sia-siakan, tentunya kita sudah memiliki target yang harus dicapai selama bulan ramadan baik target menambah skill maupun meningkatkan ibadah menjadi lebih baik. Kita harus menentukan skil apa yang mau dicapai, hard skil (kemampuan yang dapat diasah dan dilatih, contoh menulis) atau kemampuan soft skil (keterampilan yang cenderung abstrak, yaitu kemampuan yang akan terlihat Ketika dihadapkan dengan kondisi tersebut, contoh sifat kepemimpinan).

Apa saja target itu

Pertama, menunaikan shalat tarawih walau hanya di rumah karena kondisi pandemi saat ini, namun apabila memungkinkan di masjid itu lebih baik.

Kedua, memperbanyak membaca Al Quran sehingga bisa beberapa kali khatam Al Quran selama sebulan puasa, setelah puasa  tetap bisa konsisten membacanya.

Ketiga, shalat malam yang biasanya jarang dilakukan, saat bulan puasa kembali tegakkan shalat malamnya sehingga bisa terus berlanjut seterusnya.

Keempat, membaca 2-3 artikel dalam satu hari , diwaktu yang senggang sempatkan membaca artikel sebagai referensi saat akan menulis atau memperluas pandangan kita dalam melihat sesuatu

Kelima, tantang diri untuk menulis literasi atau artikel dan posting di blog pribadi atau media digital. Terima kritik dan saran agar kita bisa memperbaiki apa yang tidak sesuai.

Keenam, perbanyak sedekah berbagi dengan saudara kita yang membutuhkan, tidak harus sesuatu yang mahal namun sangat berdampak positif bagi yang menerima. Bersedekah tidak akan membuat kita jatuh miskin. Seperti yang diterangkan dalam Al Quran Surat Saba' ayat 39 yang berbunyi "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."

Semoga bisa menjadi inspirasi . Bulan penuh berkah kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Sukses harus dimulai dengan perjuangan yang panjang, tidak ada sukses yang instan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakan.

VIDEO PILIHAN