Mohon tunggu...
Sri Subekti Astadi
Sri Subekti Astadi Mohon Tunggu... Administrasi - ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

ibu rumah tangga.yang suka baca , nulis dan fiksi facebook : Sri Subekti Astadi https://www.facebook.com/srisubektiwarsan google+ https://plus.google.com/u/0/+SriSubektiAstadi246/posts website http://srisubektiastadi.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/srisubektiastadi/

Selanjutnya

Tutup

Financial

Jangan Mudah Berikan Infomasi Penting Jika Tak Ingin Rp 10 Juta Melayang seperti Saya

20 Mei 2021   10:00 Diperbarui: 20 Mei 2021   18:53 3867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rasanya seperti ikutan melayang pada waktu mendapat notifikasi pendebetan dari BRI sebesar Rp 9.999.999,- tak berapa lama setelah beberapa saat berkutat dengan HP  gara-gara Aplikasi BRImo error tidak bisa diklik sama sekali, padahal saat itu saya butuh  untuk transfer suatu keperluan.

Kronologis Kejadian

Sekitar pukul 18.10 (setelah magrib) saya buka aplikasi BRImo mau transfer untuk sebuah pembelian online, karena rekening yang saya miliki hanya BRI  dan untuk mempermudah transaksi dari setahun yang lalu saya download aplikasi BRImo agar tidak bolak-balik ke ATM bisa sedang membutuhkan.

Aplikasi BRImo ini memang beberapa kali error, saya tidak tahu apakah HP saya yang jadi masalah atau memang aplikasinya, karena sebulan yang lalu saya juga mengalami  hal serupa namun saya biarkan dan akhirnya bisa sendiri.

Petang itu karena butuh banget untuk memakai BRImo, akhirnya saya segera memberi ulasan BRImo di Play Store tentang keerrorannya. Ternyata benar tak lama setelah saya menulis ulasan dengan bintang3 pihak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memberi tanggapan : Saya dimohon untuk menginformasikan nomer ponsel dan detailnya melalui email : callbri@bri.co.id

sc ulasan di BRImo di play store
sc ulasan di BRImo di play store
Saya pun segera mengirim email ke alamat email tersebut diatas, dan segera pula mendapat balasan. Namun bersamaan dengan itu ada 7 email serupa (dengan logo BRI)  yang juga memakai nama Bank BRI, CUSTOMER SERVICE BANK BRI, BRI SUPPORT, BRI SUPPORT, ServiceBRImo, Customer service Brimo, BRImo BRI.

sc ulasan di BRImo di play store
sc ulasan di BRImo di play store
Saya yang sedang menulis balasan lagi ( karena email yang pertama tadi sudah dibalas)  di email awal callbri@bri.co.id tidak menyadari sama sekali saat itu kalau ternyata banyak email masuk lainnya, jadi saya selanjutnya salah klik ke salah satu email itu dan membalasnya lagi, dengan menginformasikan nomer ponsel saya. Tak lama kemudian dibalas akan segera dihubungi melalui Whatsapp. Belum sampai saya membalas email itu ternyata sudah ada yang menghubungi saya di Whatsapp  yang mengatas namakan Riyo mengaku CS BRImo yang akan membantu saya agar BRImo saya tidak error.

sc ulasan di BRImo di play store
sc ulasan di BRImo di play store
Padahal pada waktu saya mau membalas chat tersebut saya sudah ragu karena nomernya tidak sama dengan dengan nomer Whatsapp yang ada di email yang saya lihat sebelum (ternyata di email yang pertama masuk callbri@bri.co.id ) yaitu 08121214017 dengan username @kontakBRI. Saya hanya positif thanking mungin itu WA pribadi IT BRImo biar cepat menangani nasabah, jadi saya membalas dan mengikuti perintah dari yang mengaku bernama Riyo dengan nomer Whatsapp : +6281804656866.

sc WA Riyo di Whatsapp saya
sc WA Riyo di Whatsapp saya
Dari Riyo itu saya dipersilakan login BRImo saya pada sebuah link yang diaberikan melalui chatnya. Saya juga diminta uninstall aplikasi BRImo saya terlebih dahulu dengan alasan akan diperbaiki dulu.

Setelah itu saya seperti tak sadar saja, begitu klik link tersebut di atas, yang isinya meminta saya untuk memasukan USERNAME dan PASSWORD  dan di page 2 saya harus memasukan M-PIN , padahal antara sadar dan tidak sadar saya tahu  itu bahaya dan tidak tapi pikiran itu saya tepis, ah pasti aman.....dia kan mau membantu dan di IT jadi mngkin untuk mempermudah saja dia meminta data saya, terlintas pikiran begitu. Dan akhirnya saya pun menuliskan semua yang ada di link tersebut. Walaupun saat itu ada perasaan gak enak , tapi tetap saya lakukan.

Alhasil tak lama kemudian saya mendapat SMS dari BRI yang ternyata itu SMS OTP tapi bentuk tulisan dan kata-kata tidak seperti dengan OTP yang selalu saya terima kalau saya melakukan transaksi di atas Rp 500.000,-  Jadi saya tidak mengira kalau itu SMS OTP transaksi, saya kira SMS OTP untuk mendapatkan pin baru atau apa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun