Mohon tunggu...
Sri Subekti Astadi
Sri Subekti Astadi Mohon Tunggu... Administrasi - ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

ibu rumah tangga.yang suka baca , nulis dan fiksi facebook : Sri Subekti Astadi https://www.facebook.com/srisubektiwarsan google+ https://plus.google.com/u/0/+SriSubektiAstadi246/posts website http://srisubektiastadi.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/srisubektiastadi/

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Aplikasi Favorit Bikin Puasa Waktunya Serasa Seuprit

24 April 2021   21:54 Diperbarui: 24 April 2021   22:01 1289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar Koleksi pribadi

Jaman sekarang siapa yang bisa jauh-jauh dari Smartphone, mulai dari anak-anak sampai nenek-kakek banyak yang tak bisa lepas menggenggam smartphone di tangan. Tidak di rumah, di kantor, di kendaraan umum, bahkan kadang-kadang sedang berkendara di jalan raya pun masih tak mau lepas dari Smartphonenya. Padahal sudah ada larangan berkendara sambil memegang Hp.  Untuk itu saya menamai generasi sekarang sebagai generasi menunduk, karena setiap orang menunduk untuk memainkan smartphonenya.

Smartphone saat ini bukan hanya dimiliki oleh kaum berduit, kaum terpelajar dan orang kota saja. Karena dari segala profesi sekarang pada asyik bermain dengan smartphone, tak peduli  profesinya, dokter, Insinyur, tukang sampah, pedagang, pengangguran sampai ibu rumah tangga macam saya tiap hari bermain Hp.

Aplikasi yang bisa kita unduh melalui smartphone saat ini ada banyak sekali tergantung kebutuhan, dari aplikasi keuangan, aplikasi e-commerce, aplikasi belajar, aplikasi edit foto dan video, aplikasi game, aplikasi mengaji dan belajar agama, aplikasi masak-memasak sampai aplikasi novel online semuanya tersedia di Google Play dan Play Store.

Pada saat  puasa Ramadan seperti ini, ada beberapa aplikasi  kesukaan, yang terkadang bikin lupa kalau kita sedang berpuasa 11 jam terasa hanya sejam saja.. Saya sendiri mempunyai beberapa aplikasi kesukaan yang sering saya buka lebih dari sepuluh kali sehari, ada pun aplikasi tersebut adalah.

1.  Al-Qur'an dan terjemahannya. Aplikasi Ini memudahkan saya untuk membaca Al-Qur'an kapan pun dan dimana pun, sehingga saya cepat menyelasaikan setoran bacaan Al-Qur'an di grup Alumni SMA Muslim yang setiap minggu harus setor bacaan 1 juz. Saat Ramadan alangkah baiknya bila kita menambah sendiri, jadi seminggu bukan 1 juz namun 2 juz atau lebih. Selain membaca Al-Qur'an kita juga bisa membaca terjemahan dan tafsir Al-Qur'an melalui aplikasi ini.

foto koleksi pribadi
foto koleksi pribadi
2.  Shopee. Entah kenapa akhir-akhir ini saya makin sering buka dan ketagihan dengan aplikasi ini. Bukan berarti saya belanja terus menerus di aplikasi ini namun ada Shopee Games yang membuat saya ketagihan, yaitu Shopee Candy. Baru beberapa bulan terakhir sebenarnya saya memainkan games ini, yang selalu bikin penasaran untuk mencapai babak berikutnya dan saat ini saya sudah mencapai babak 162.  Namun saya memainkannya secara gratis karena tidak pernah membeli nyawa dan permen booster jadi kalau yang gratisan habis saya akan berhenti sampai nyawa terisi kembali. Sebenarnya kepingin juga mau beli koin tapi ah..tidak.  Pelit ya..yo ben.

foto koleksi pribadi
foto koleksi pribadi
3.  Joylada. Joylada adalah aplikasi baca novel online. Disini para penulis atau author biasa menyajikan ceritanya baik secara berbayar pakai koin, bayar pakai  candy maupun gratisan sama sekali. Saat ini ada 2 cerita yang saya ikuti secara gratisan , tetapi salah satu cerita sekarang digembok jadi harus bayar pakai koin, karena penasaran dengan lanjutan ceritanya terpaksa saya beli koin lewat Google Play. Di aplikasi ini saya sebenarnya mau memulai menulis cerita juga namun karena syarat pendaftaran saya belum disetujui lebih baik saya hentikan dulu. Sementara jadi pembaca saja dulu. Saya kadang bisa bolak-balik buka aplikasi ini bila author kesayangan belum juga publish cerita lanjutannya. Parah ya sayaaa....(malu..)

4. Aplikasi YouTube, dari aplikasi sejuta umat ini saya bisa belajar dan tahu banyak hal atas kebaikan para konten kreator. Apalagi saya sendiri sedang membangun sebuah channel di YouTube, saya harus lebih banyak belajar dari para konten kreator yang sukses maupun belajar dari channel tutorial yang banyak sekali di YouTube. Bahkan apapun kegiatan yang saya lakukan bila mengalami titik buntu saya akan segera membuka aplikasi ini untuk mencari solusi yang ditawarkan para konten kreator. Terimakasih...

5. Whatsapp, aplikasi ini saya pakai untuk memudahkan berkomunikasi dengan banyak orang baik secara individu maupun grup. Aplikasi ini sekarang mengalahkan telpon dan SMS pada Hp jadul, karena kebanyakan orang  sudah beralih memakai smartphone dan menggunakan aplikasi ini. Adanya aplikasi ini memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan yang lain. Saya sendiri mempunyai lebih dari 30-35 grup di WAG, hal ini membuat saya kurang fokus menyimak grup satu-satu, kecuali ada yang penting dan ada teman yang japri atau jalan pribadi. Rasanya sekarang saya sudah mulai mengurangi membuka aplikasi ini, kecuali ada hal-hal yang penting saja. Maaf ya...

6 Facebook, ini adalah aplikasi pertama yang telah saya unduh begitu mengenal online. Dari Facebook saya banyak mempunyai teman-teman yang satu hobi. Juga bisa bertemu kembali dengan teman-teman sekolah dan temen kuliah yang sudah tidak bertemu puluhan tahun. Adanya aplikasi Facebook membuat  teman-teman yang sehobi bisa terus mengembangkan bakatnya  bersama, melalui Komunitas-komunitas  yang ada di faceook

7. Instagram, Twitter dan Tiktok. Ketiga aplikasi  ini adalah aplikasi yang  penting pagi seorang blogger, konten kreator, dan  buzzer . Sehingga jumlah pemakai ketiga aplikasi ini akan selalu bertambah. Jumlah pertemanan  juga tertambah.  Saya juga mulai rajin pos di ketiga aplikasi  tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun