Mohon tunggu...
Sri Siti Rahmawati
Sri Siti Rahmawati Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

hai, saya sri siti, saya suka sama kucing, tp sekarang kucing saya di buang sm bpa saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pesan Moral dari Cerita Singa dan Tikus

11 Januari 2024   08:35 Diperbarui: 11 Januari 2024   09:32 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di dalam cerita ini ada pesan moral tentang persahabatan antara dua hewan yang bertolak belakang yaitu singa dan tikus. selain itu, saya di ajarkan selalu berbuat kebaikan kepada orang lain. Semua makhluk hidup harus hidup berdampingan saling tolong menolong. 

Masih ada lagi pesan moral dari cerita  singa dan tikus, yaitu hiduplah dengan ramah dan baik hati. Hindari bersikap angkuh, tinggi hati, dan sombong seperti singa karena bisa menjerumuskan hidup kita. Selain itu , ini mengajarkan untuk selalu berbuat baik . Kabaikan yang di lakukan memiliki cara  untuk kembali ke diri sendiri dengan cara yang tidak terduga. Penting juga untuk  dipahami bahwa terlepas dari seberapa besar  kuat, seseorang kuga bisa menerima masalah.

Saya menemukan 10 kosa kata baru yang saya temui dalam cerita ini:

1. Mighty: Perkasa

2. Mercy: Rahmat

3. Jungle: Hutan

4. Roared: Mengaum

5. Gnawed: Digerogoti

6. Lifted: Terangkat

7. Begged: Memohon

8. Appeared: Muncul

9. Suddenly: Tiba tiba

10. Tickled: Menggelitik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun