Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga, Pengusaha

Pengusaha : Semua diusahakan @ Galeri Ridho Madiun

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

5 Cara Mengatasi Kecemasan Anak Jelang Sekolah

9 Juli 2022   11:22 Diperbarui: 11 Juli 2022   14:30 636 32 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sejumlah orangtua menemani anaknya di hari pertama masuk sekolah di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019). Foto: Antara Foto/Aprillio Akbar via Kompas.com

Ketika anak-anak diterima di sekolah yang baru, mereka senang bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi. 

Akan tetapi ada sebagian  anak yang malu untuk bersosial di tempat baru. Lingkungan dan teman-teman baru, terlebih bagi mereka yang sangat tertutup. Dari malu, akhirnya timbul kecemasan.

Sangat wajar jika anak merasa cemas ketika menghadapi sesuatu yang baru. Beradaptasi dengan lingkungan baru bukan sesuatu yang mudah. Butuh keberanian dan kenyamanan agar bisa berkomunikasi dengan teman baru.

Seperti yang sering kita lihat, anak kelas satu SD ketika pertama masuk sekolah banyak yang menangis. Hal demikian pernah dialami anak saya yang bungsu.

Hari pertama, pihak sekolah memberi kebijakan, orang tua boleh ikut masuk ke kelas bagi anaknya yang menangis. Untuk selanjutnya hingga hari ketujuh dipersilakan menunggu di kantin. Setelah tujuh hari, lingkungan sekolah harus bersih dari orang tua.

Cara Mengatasi kecemasan Anak Jelang Sekolah 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan untuk menyambut peserta didik baru di suatu sekolah. Dalam kegiatan ini menjadi ajang siswa baru mengenal teman, pengajar dan lingkungan sekolah.

Bagi sebagian anak, kegiatan ini menyenangkan karena bisa mendapatkan sahabat. Namun, bagi anak yang pemalu, ini adalah tantangan besar. Mereka harus berjuang mengalahkan ketakutan dan kecemasan.

Menurut Sherri Gordon, 2022 di laman verywellfamily mengatakan, untuk mengatasi kecemasan anak, orang tua perlu menjaga komunikasi dan validasi perasaan anak.

Anak bersama teman baru. Foto freepik/freephoto via popmama
Anak bersama teman baru. Foto freepik/freephoto via popmama

Berikut cara untuk membantu kecemasan anak jelang sekolah

Pertama, dorong anak untuk mendapat teman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan