Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Petani, Penulis

People Choice dan Kompasianer Paling Lestari dalam Kompasiana Awards 2023.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Gagal Membangun Personal Branding? Ini Tips ala Sri Rohmatiah

15 Juni 2021   16:53 Diperbarui: 15 Juni 2021   17:10 470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto Sri Rohmatiah ketika bersepeda ke sawah pribadi

Sahabatku yang berbahagia,

Saya dulu tidak memahami apa itu personal branding. Hidup adalah hidup, jalani apa adanya. Ternyata personal branding diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Orang mengenal diri kita karena memiliki ciri khas yang mudah diingat. Bukan saja masalah merek dagang yang harus mudah diingat.

Membangun personal branding adalah tugas kita masing-masing, kan namanya personal bukan personil. Hihik ...

Personal branding adalah sesuatu yang kita miliki untuk dipromosikan kepada orang lain. Bisa jadi berupa skill, gaya hidup, kepribadian, sikap, passion. Istilahnya bagaimana orang lain mengenal kita.

Misalnya, ketika seorang teman mengirim surat kepada saya. Seorang kurir mengeluh ketika bertemu saya di depan pintu, "Saya bertanya nama ibu dari ujung utara hingga selatan, tidak ada yang tahu, pakai nomor dong Bu rumahnya!" Baiklah jika hidup di kota besar dan perumahan, bisa jadi nama tidak diketahui tetangga. Namun, hidup di desa jika nama tidak dikenal, itu kebangetan.

Nama saya tidak dikenal ada alasan, mungkin tidak memiliki sesuatu yang diingat, tidak memiliki brand. Berbeda dengan suami yang memiliki passion sebagai pelukis. Dia sudah memiliki personal branding sejak lama.

Pengalaman lucu lagi. Ketika menghadiri acara desa di kampung saya. Seseorang bertanya dengan ringan,

"Ibu tamu dari kabupaten ya?"  

Si Bapak yang bertanya adalah tetangga, rumahnya beda empat rumah dari rumah saya.

"Saya istrinya Pak Agus pelukis!" Dia tampak kaget dan malu.

Baik itu dulu, sebelum saya membangun personal branding di dunia maya. Bagaimana dunia maya membetuk brand saya? Ternyata sulit dan belum berhasil, hehe .... Akhirnya saya berpikir jadilah diri sendiri, tidak perlu menjadi diri orang lain.

Ternyata menurut beberapa sumber slogan "jadilah dirimu sendiri" tidak bisa diterapkan dalam personal branding. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tetap harus menunjukkan citra positif. Itu artinya kita harus bersikap baik jika ingin pandangan orang lain baik. Jadi tidak ada kesan pencitraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun