Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah
Sri Rohmatiah Mohon Tunggu... Penulis Buku "Kalau Berbeda, Lalu Kenapa?"

Photo

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kena Ghosting Deh, Ketika Ditagih Utang Malah Menghilang

10 Maret 2021   17:16 Diperbarui: 10 Maret 2021   17:26 210 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kena Ghosting Deh, Ketika Ditagih Utang Malah Menghilang
Sumber gambar dari pixabay.com

Diary,

Kesal tidak ketika meminjamkan uang atau barang, si peminjam malah main ghosting? Tentu kesal. Aku punya pengalaman diperlakukan seperti itu. Kita yang minjamkan uang, di akhir jatuh tempo malah aku seperti yang ngemis-ngemis.  

"Sudah dua pekan orang ini tidak bisa dihubungi," ujarku pada suami yang asyik dengan cat dan kuas lukisnya.

"Mamah kena ghosting itu namanya," sahut putriku.

Waduuh apa lagi ini, ternyata bukan kekasih saja yang suka menghilang. Yang punya utang pun pakai jurus hilang, jika ditagih terus, naik jurus jadi galleding. Ujung-ujungnya ngegasthing alias marah-marah. Naah kalau sudah gini dianggap lunas deh utang.

Kalau seratus duaratus ribu, bisa ikhlas. Kalau di atasnya hati bisa dongkol. Apalagi jika kita sendiri banyak kebutuhan. Uang itu buat persiapan sekolah anak, persiapan jika sakit atau persiapan bayar pajak.

Pernah tidak, kita bersikap begitu sama tukang jualan panci? Biasanya emak-emak yang sering utang panci. Kecuali di Desa Ciraos, bapak-bapak yang utang panci; Kang Akum, Kang Aceng, Kang Idoy. Ketika si Mamang Panci teriak, "Panciiii ...." Si Emak ngumpet di kamar, pura-pura tidak dengar.

Itu contoh utang kecil-kecilan yang terkadang menjadi pemicu pecahnya suatu hubungan. Maksudnya hubungan pemberi utang dan penerima utang. Sekali pun hubungan mereka pada awalnya mesra seperti pasangan kekasih. Di awal mesra-mesraan, setelahnya ghosting. Itu karakter peminjam utang yang tidak bertanggungjawab.

Padahal kita tahu namanya utang itu harus dikembalikan dengan jumlah yang sama atau barang yang sama.

Kohler menyatakan pendapatnya yang terdapat di dalam buku Chariri dan Gozali (2005 : 160) bahwa hutang adalah suatu jumlah yang harus dibayar dalam bentuk uang, barang, atau jasa

Susahnya jika jatuh tempo tiba, peminjam tahu-tahu menghilang. Ditelepon tidak diangkat, dichat tidak dibalas. Jangankan balas, dibaca pun tidak. Tambah susah lagi jika dia memberi alamat palsu. Senasib deh sama Ayu Ting Ting "lamat palsu".

Supaya tidak terjadi ghosting, galleding bahkan gas-thing. Sebelum ijab qobul, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x