Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Ketika Musibah Datang, Lakukan Ini agar Tidak Bersedih Berkepanjangan

2 Agustus 2021   09:49 Diperbarui: 7 Agustus 2021   18:45 714 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Musibah Datang, Lakukan Ini agar Tidak Bersedih Berkepanjangan
Ilustrasi perempuan bersedih | pexels/Ivan Samkov

Dalam hidup tentu kita selalu dihadapkan pada dua hal yang saling bertentangan namun berkaitan. Ada langit ada bumi, siang dan malam, sedih dan bahagia, ada yang datang dan ada yang pergi dan hal lainnya. 

Semua itu merupakan pasangan yang saling bertentangan namun berkaitan. Salah satunya adalah bahagia dan sedih. 

Dalam menjalani hidup, kita pasti pernah merasakan dua hal ini. Sedih dan bahagia adalah makanan sehari-hari yang datang silih berganti. Ya sedih dan bahagia merupakan hal yang membuat hidup kita lebih terasa berwarna dan penuh makna. 

Ketika mendapatkan apa yang kita inginkan tentu kita akan merasa bahagia. Dan sebaliknya, ketika kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tentu kita akan bersedih. Karena harapan tidak sesuai dengan kenyataan atau karena kita mendapatkan musibah yang tidak di sangka-sangka sebelumnya. 

Saat kita bersedih tentu perasaan kita jadi tidak enak, karena hati kita sedang berduka. Sehingga untuk melakukan aktivitas pun kita jadi tidak bersemangat. Hal ini tentu tidak baik jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Karena hal itu bisa membuat diri kita semakin terpuruk. 

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar kesedihan itu tidak terjadi secara berkepanjangan. Karena jika sedih berkepanjangan, tentu hal tersebut bisa berdampak tidak baik untuk diri kita sendiri dan orang yang ada di sekitar kita. 

Pertama, menangis sepuasnya 

Hal pertama yang bisa kita lakukan ketika musibah datang atau ada hal yang membuat kita bersedih adalah menangis. Ya menangislah sepuasnya hingga mata kamu sembab dan tidak bisa mengeluarkan airmata lagi. Menangis merupakan hal pertama yang bisa kita lakukan ketika bersedih. 

Menangis merupakan respon pertama yang biasnya terjadi ketika kita bersedih. Jadi kita tidak perlu menahannya. Karena hal tersebut justru akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mental kita. 

Menangis bukan berarti cengeng. Tapi menangis merupakan hal yang bisa membuat kita lega karena bisa mengeluarkan kesedihan lewat airmata kita. Tidak perlu malu atau takut jika menangis karena hal itu merupakan hal yang wajar terjadi ketika kita bersedih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN