Mohon tunggu...
Sri Lestari
Sri Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelaksanaan English Joy dalam Upaya Meningkatkan Wawasan Siswa Sekolah Dasar

16 Agustus 2022   08:17 Diperbarui: 16 Agustus 2022   17:53 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKNT-MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan tema UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi dilaksanakan pada tanggal 25 Juli-31 Agustus 2022. 

Dalam rangka memberikan wawasan terhadap anak-anak dibawah umur pada anak-anak tingkat SD terutama kelas 1&2, KKNT- MBKM Universitas Slamet Riyadi Kelompok 09 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Mukhlis Mustofa, S.Pd., M.Pd melaksanakan KKN di Desa Tamansari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di SD Negeri 01 Tamansari mengadakan "Pendampingan belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran Animal Beach Board guna meningkatkan wawasan Vocabulary (kosa kata) siswa-siswi kelas 1&2 SD Negeri 01 Tamansari"

Pembelajaran Bahasa Inggris pada jenjang Sekolah Dasar dapat mengembangkan kemapuan berbahasa Inggris secara kontekstual dan berterima sesuai dengan konteks serta kondisi dan situasi keseharian peserta didik. Bahasa Inggris sangat penting untuk era globalisasi seperti saat ini, dikarenakan sumber daya manusia perlu memiliki literasi yang luas guna mendukung komunikasi baik antar guru dengan siswa maupun dengan masyarakat.

Pada hari Jum'at 05 Agustus 2022 mahasiswa KKNT-MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan pendampingan belajar Bahasa Inggris dengan metode Fun Learning ke SD Negeri 01 Tamansari dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Penerapan English Joy untuk siswa sekolah dasar memang tepat karena di dalam English Joy menggunakan media pembelajaran seperti Animal Beach Board dan lagu untuk membantu proses belajar.

Pendampingan ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran yang berbeda dengan pendekatan berupa penggunaan media pembelajaran dan lagu. Ibu Suwarsi selaku wali kelas mengatakan bahwa para siswa perlu pendekatan secara langsung dengan metode yang berbeda dalam proses belajar Bahasa Inggris. 

Dalam pendampingan yang dilaksanakan pada hari Jum'at mahasiswa mengangkat materi berupa macam-macam hewan yang berada di pantai beserta pengenalan Vocabulary (kosa kata) dalam bahasa Inggris.

Dokpri
Dokpri

Beberapa siswa sudah dapat mengucapkan beberapa nama hewan yang berada di pantai dan mampu membedakan hewan yang ada di air maupun hewan yang ada di darat menggunakan bahasa Inggris.

Dengan demikian kegiatan ini sudah terlaksana dengan baik, peserta didik sudah dapat memahami vocabulary dari hewan yang ada di pantai maupun hewan yang ada di darat dengan baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan