Mohon tunggu...
indah yani
indah yani Mohon Tunggu... -

mahasiswa konsentrasi moneter jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan universitas jember

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Produk Asuransi Dwiguna, Jasa Asuransi Yang Tepat

16 Mei 2015   04:17 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:59 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Produk Asuransi Dwiguna, Jasa Asuransi Yang Tepat

Oleh: Sri Indah Yani

Minat masyarakat akan produk asuransi lebih cenderung pasif yakni masih dibawah 5% dibanding perbankan yang tetap unggul. Masyarakat mungkin tidak tahu apa itu kemewahan dibalik produk asuransi dan lebih tergiur pada investasi seperti investasi uang tunai dan investasi portofolio terutama saham yang semakin menggeliat di kancah industri. Hal ini menjadi tugas baru bagi industri perasuransian ke depan, untuk menarik minat masyarakat agar membeli produk asuransi ditengah rendahnya pemahaman proteksi kesehatan.

Banyak perusahaan asuransi yang berlomba-lomba mengeluarkan produk ciamik dengan beribu iming-iming untuk menarik minat masyarakat serta merubah persepsi (mindset) orang yang tidak hanya paham dengan asuransi itu penting sebagai perencanaan keuangan saja. Oleh karena itu, perusahaan asuransi mengeluarkan produk asuransi endowment ( asuransi jiwa dwiguna )atau dapat disebut asuransi tradisional yaitu jenis asuransi jiwa dengan jaminan pemberian jumlah dana pertanggungan pada saat tertanggung meninggal dunia ketika masih dalam masa periode tertentu. Dana akan diberikan secara keseluruhan pada masa akhir kontrak pertanggungan walaupun tertanggung masih hidup dan sehat walafiat. Dahulu, produk asuransi jiwa ini sangat populer sebelum muncul asuransi unit link. Asuransi unit link merupakan produk perusahaan asuransi jiwa yang mengawinkan fungsi proteksi dan investasi. Asuransi Unit link ini masih banyak menimbulkan kontroversi dan perdebatan. Hal ini terjadi karena pemahaman soal manfaat dan resiko kurang tepat.

Asuransi endowment ini mempunyai masa perlindungan asuransi yang relatif pendek yakni 10 sampai 25 tahun. Kalau tertanggungnya masih muda, maka asuransinya bisa sampai 45 tahun. Masa asuransi endowment ini tidak melewati usia 70 tahun. Produk asuransi endowment ini dikemas bermacam-macam variasi seperti dikemas sebagai asuransi pendidikan, asuransi pensiun dan sebagainya. Kemasan yang sangat menarik ini, sering membuat orang tidak menyadari bahwa ini program asuransi jiwa endowment. Asuransi endowment ini juga menggabungkan antara proteksi dan investasi tetapi return nya stabil. Perbedaan asuransi unit link dan asuransi endowmentterletakpada return kestabilannya. Asuransi endowment returnya lebih stabil sedangkan asuransi unit link returnnya tidak stabil. Mayoritas masyarakat masih tidak sadar bahwa asuransi endowment ini sebagai produk asuransi selain proteksi juga sebagai ajang untuk investasi. Agar asuransi tradisional ini dikenal oleh masyarakat secara detail dan lebih booming lagi maka penasehat keuangan dituntut untuk memotivasi dan memasarkan produk endowment lebih benar.

Asuransi Endowment dibandingkan Asuransi Unit Link

Berdasarkan pembahasan diatas bahwa asuransi unit link masih menduduki kepopulerannya di tengah masyarakat dibandingkan asuransi endowment. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk asuransi endowment. Oleh sebab itu, saya akan menjelaskan beberapa keunggulan produk asuransi endowment dibandingkan produk unit link bahwa asuransi endowmnet ini tidak hanya sebagai proteksi kesehatan tetapi juga sebagai investasi yang tidak banyak menimbulkan resiko bagi masyarakat serta sebagai proteksi kekayaan dimana pada asuranasi endowment ini tujuannya untuk mengamankan aset (kekayaan) kita. Selain itu produk asuransi endowment jauh dari penipuan terhadap masyarakat dengan cara mengiming-imingi dan beribu janji palsu tetapi tidak sesuai dengan perkembangan keuangannya. Berbeda dengan asuransi unit link yang sedang booming sekarang ini, banyak kelemahan yang harus anda pikirkan terutama bagi orang yang tidak berpikir kritis dalam berasuransi di asuransi unit link ini yakni: pertama, dalam memasarkan produk unit link sering terjadi mis-selling kepada nasabah dan industri. Banyak masyarakat yang tertipu dengan agen penjual asuransi unit link ini karena ilustrasi yang disampaikan oleh agen penjual tidak sesuai dengan realisasi perkembangan uangnya. Kedua, asuransi unit link ini seharusnya hanya sebagai proteksi saja tetapi bukan sebagai investasi. Asuransi unit link ini lebih “memaksa” anda untuk berinvestasi setiap bulannya serta kurangnya pengamanan pada aset atau kekayaan kita. Dari perbandingan yang saya sebut tadi maka setiap orang harus kritis dan wajib mencari segudang informasi tentang pengasuransian agar tidak salah dalam memilih produk asuransi. Karena produk asuransi penuh dengan resiko sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Agar anda terhindar dari resiko maka pilihlah produk asuransi yang tepat yakni produk asuransi endowment (asuransi dwiguna).

Sri Indah Yani

Mahasiswa Konsentrasi Moneter 2012

Ekonomi Pembangunan

Fakultas Ekonomi

Universitas Jember

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun