Mohon tunggu...
Srigading Lawang
Srigading Lawang Mohon Tunggu... Relawan - SEORANG YANG INGIN BAHAGIA

HIDUP ITU HARUS MEMILIH

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Memperluas Pemasaran Produk UMKM Desa Srigading dengan Membuat Izin PIRT

21 Juli 2021   13:18 Diperbarui: 21 Juli 2021   14:02 73 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kab. Malang -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang dilakukan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil. Di Desa Srigading Kec. Lawang memiliki potensi besar dalam bisnis UMKM. Banyak produk unggulan khas desa Srigading yang berpotensi dapat bersaing di pasar nasional, seperti Kopi Serayu, Kerupuk Singkong Kunti, dan Nasi Jagung Instan.

Dokpri
Dokpri

Komunitas Wanita Tani (KWT) Manggis Desa Srigading merupakan badan pengelola UMKM di desa Srigading, saat ini terus berupaya meningkatkan pemasaran dari produk-produk UMKM tersebut. Kendalanya saat ini yaitu tidak memiliki Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT), yang dimana untuk memperluas pemasaran setiap produk harus memiliki izin PIRT. Hal ini membuat produk UMKM di Desa Srigading belum berani untuk di pasaran nasional.

Melihat hal itu mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang saat ini sedang melakukan pengabdian di Desa Srigading berinisiatif untuk membantu menyiapkan berkas-berkas persyaratan untuk membuat izin PIRT, sebagai upaya memperluas pemasaran produk UMKM Desa Srigading.

Dokpri
Dokpri

Dengan berkoordinasi oleh perangkat desa dan KWT manggis, kami mencoba menyiapkan berkas-berkas seperti : (1) FotoCopy KTP, (2) PasFoto 4x6, (3) Label Produk, (4) Peta Lokasi Produksi, (5) Denah Bangunan Produksi, (6) Produk UMKM yang ingin di daftarkan, dan (8) Stempel KWT Manggis.

Prof. Dr. Muhammad Alfian Mizar, M. P. selaku Dosen Pendamping KKN mengatakan "Dilihat dari berpotensinya Produk-produk UMKM di Desa Srigading perlu adanya upaya agar pemasaran produk menjadi mudah dan legal, maka dari itu saya meminta mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang ikut membantu mempersiapkan berkas-berkas pembuatan PIRT."

Penulis : Agus Maulana

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan