Mohon tunggu...
Sri Rahayu
Sri Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Menyukai literasi

Seorang ibu rumah tangga

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Olahraga Jalan Pagiku Saat Sudah Menua

7 November 2023   07:38 Diperbarui: 7 November 2023   08:02 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

Semakin bertambahnya usia ternyata tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi tubuh tidak sekuat pada saat masih muda. Ada saja keluhan yang dirasa setiap harinya. Mungkin secara medis tidak ada ganguan apapun maksudnya tensi normal, pacu jantung normal, gula darah normal dan hampir semua normal. Tapi kok masih ada pegel-pegel, dengkul rasanya agak gimana gitu. Ternyata kata dokter karena usia yang semakin bertambah akan mengurangi sedikit fungsi daripada tubuh kita.

Okeylah ternyata memang harus menerima keadaan bahwa ternyata saya memang sudah tua. Secara alami bahwa Tuhan sudah mengingatkan kita dengan dikurangi sedikit kenikmatan sehingga mengharuskan kita dan saya pribadi sih khususnya untuk mempersiapkan diri menata bekal untuk perjalanan menuju abadi.

Di usia yang tidak muda lagi, perihal kesehatan sangatlah menjadi topik yang utama. Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting banget. Mungkin bisa dengan melakukan olah raga fisik yang tidak terlalu melelahkan dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Menurut saya yang paling bisa dilakukan adalah dengan jalan pagi sekitar 20 -- 30 menit seminggu tiga kali atau lebih bagus apabila dilakukan setiap hari. Sudah hamper tiga bulan saya mulai rutin melalukan olah raga ini dan alhamdulillah badan menjadi bugar dan tidak cepat Lelah. Ada fasilitas umum (fasum) samping masjid di lingkungan tinggal saya (ya kira-kira 50 meter dari rumah saya) yang dimanfaatkan oleh warga memang untuk olah raga. Di tempat tersebut dibuat jalan setapak yang melingkar untuk jalan santai, samping jalan setapak dibuat taman sayuran, bunga dan apotik hidup. Sedangkan bagian tengahnya ada lapangan voli dan lapangan bulu tangkis serta tempat terbuka untuk senam. Terasa seger aja kalau pagi sekitar jam 7 -- 9, banyak warga yang jalan pagi juga. Dikarenakan saya memang tidak bisa voli dan bulu tangkis ya saya jalan santai pagi saja.

Demikian cerita olah raga saya. Bagaimana dengan anda? Salam sehat dan Bahagia selalu

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun