Mohon tunggu...
Sovi Nur Wakhidah
Sovi Nur Wakhidah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Narablog

Narablog yang senang bertualang | Penggemar sepak bola dan bulu tangkis | Blog pribadi www.soviwakhidah.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

5 Rekomendasi Kerajinan Banjarnegara untuk Cendera Mata

24 Juli 2022   09:32 Diperbarui: 24 Juli 2022   09:35 274 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kerajinan Banjarnegara (diolah dengan Canva)

Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tidak hanya populer akan keindahan alamnya. Masyarakat Kota Dawet Ayu ini juga dikenal kreatif dalam membuat berbagai kerajinan untuk cendera mata. Banyak karya mereka yang sudah dijual sampai ke mancanegara. Oleh karenanya, produk yang dibuat selalu terjaga kualitasnya.

Berikut 7 rekomendasi kerajinan dari Banjarnegara yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh atau kado orang tersayang.

1. Batik Gumelem

Batik Klasik dan Kontemporer (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Batik Klasik dan Kontemporer (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Batik Gumelem merupakan batik asli Banjarnegara dengan warna khasnya cokelat dan hitam. Diberi nama Batik Gumelem karena sentra produksi kain ini ada di Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan. 

Selain memiliki motif klasik seperti parang, kawung, dan sido mukti, Batik Gumelem juga memiliki motif kontemporer. Motif ini dibuat oleh para perajin dengan mengangkat potensi Banjarnegara seperti salak, kopi, carica, dan Candi Arjuna. Pewarna yang digunakan sebagian besar sintetis. Namun, ada juga yang memakai pewarna alami.

Batik cap atau kombinasi dibanderol dengan harga Rp150.000 s.d. Rp200.000. Sedangkan batik tulis Rp250.000 s.d. Rp750.000, tergantung kerumitan motif, jenis pewarna, dan jenis kain yang digunakan.

Dengan membeli Batik Gumelem, kamu turut serta melestarikan budaya dan membantu ekonomi para perajin.

2. Keramik Klampok

Poci Set (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Poci Set (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Setiap memasuki Kecamatan Purwareja Klampok, kamu akan disambut oleh gapura bertuliskan "Sentra Keramik Klampok Banjarnegara". Ya, konon kabarnya industri ini sudah ada sejak tahun 1957.  Ciri khas keramik produksi Klampok adalah warna terakota, atau warna alami tanah.

Di sepanjang jalan raya Klampok terdapat beberapa showroom yang menjual kerajinan dari tanah liat ini. Produk yang paling populer adalah poci set. 

Bukannya poci oleh-oleh khas Tegal? Betul. Namun, pembuatan poci set ada di Klampok, Banjarnegara. Biasanya harga poci per set antara Rp30.000 s.d. Rp50.000. Sangat terjangkau, kan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan