Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus selalu digerakkan, dan ketika menulis topik lainnya harus sesuai dengan sudut pandang sendiri dan pemikiran yang matang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dua Negara Ini Diuntungkan, dengan Aturan FIFA Terkait Syarat Lolos ke Babak 16 Besar

29 November 2022   07:46 Diperbarui: 29 November 2022   20:21 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Casemiro, mambawa berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: AFP/NELSON ALMEIDA/via KOMPAS.COM)

Pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah memasuki babak akhir, dimana setiap grup telah menyelesaikan laga matchday keduanya. Sehingga persaingan untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar semakin sengit.

Hanya ada 2 tim dari masing-masing grup, yaitu juara grup dan runner up grup yang akan lolos ke babak 16 besar. Lalu bagaimana cara menentukan tim yang lolos ke babak 16 besar? jika ada dua Negara atau lebih yang punya poin sama. Dan Negara manakah yang diuntungkan dengan aturan FIFA ini.

Laga antara Portugal versus Uruguay merupakan laga terakhir pada matchday kedua, dimana laga ini dimenangkan oleh Portugal dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Portugal memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Mulai malam ini, pertandingan akan memasuki matchday ketiga yang akan dimulai dengan laga di Grup A, yaitu antara Belanda versus Qatar dan Ekuador versus Senegal. Sementara untuk laga terakhir matchday ketiga diakhiri dengan pertandingan di Grup G, yaitu Kamerun versus Brasil dan Serbia versus Swiss.

Agar tidak terjadi pengaturan skor dan main mata, FIFA telah membuat regulasi bahwa laga terakhir babak penyisihan grup dimainkan dalam waktu bersamaan di dua stadion berbeda.

Piala Dunia 2022 menghasilkan banyak drama dan hasil yang mengejutkan, sehingga membuat persaingan di masing-masing grup semakin ketat. Bahkan hingga matchday kedua berakhir, tidak ada satu grup pun yang telah meloloskan dua tim ke babak 16 besar.

Baru ada 3 tim yang telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar, ketiga tim tersebut adalah Prancis di Grup D, Brasil di Grup G dan Portugasl di Grup H. Masih ada 13 tiket babak 16 besar yang terseisa dan akan diperebutkan oleh 27 Negara. Betapa panasnya tensi laga pada matchday terakhir ini, dimana 27 negara bersaing memperebutkan 13 tiket tersisa.

Bahkan ada 3 grup, dimana keempat kontestan Piala Dunia 2022 masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Itu artinya, di grup tersebut belum ada tim yang tersingkir di babak penyisihan dan belum ada tim yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Di Grup B, ada Inggris (4 poin), Iran (3 poin), Amerika Serikat (2 poin) dan Wales (1 poin). Sementara di Grup C, ada Polandia (4 poin), Argentina (3 poin), Arab Saudi (3 poin) dan Meksiko (1 poin). Dan terkahir di Grup E, ada Spanyol (4 poin), Jepang (3 poin), Kosta Rika (3 poin) dan Jerman (1 poin).

Melihat persaingan di Grup A-H, dimana perbedaan poinnya tipis-tipis. Sangat memungkinkan adanya potensi di masing-masing grup, akan ada dua tim atau lebih yang mempunyai poin sama, setelah semua tim menyelesaikan matchday terakhirnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun