Mohon tunggu...
Smartfm Banjarmasin
Smartfm Banjarmasin Mohon Tunggu... A Part Of Magentic Network, Kompas Gramedia

101.1 FM -The Spirit of Indonesia Check these out : Facebook : Smartfm Banjarmasin Twitter : @SmartFM_Bjm Instagram : Smartfm Banjarmasin Youtube : Smartfm Banjarmasin

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Resmikan TPA Banjar Bakula, Jokowi Apresiasi Peran Serta Pemerintah Daerah

7 Februari 2020   19:40 Diperbarui: 7 Februari 2020   19:41 44 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resmikan TPA Banjar Bakula, Jokowi Apresiasi Peran Serta Pemerintah Daerah
Presiden Joko Widodo meninjau dan resmikan TPA Regional Banjar Bakula di Gunung Kupang, Banjarbaru, Jum'at (07/02) sore. | Dok. pribadi

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Banjar Bakula yang berlokasi di Gunung Kupang , Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, pada Jum'at (07/02) sore, diresmikan Presiden RI, Joko Widodo. Proyek yang pembangunannya menelan biaya sekitar Rp 149 M itu mampu menampung hingga 790 ton sampah per hari dari lima daerah yang tergabung dalam program Kota Metropolitan Banjar Bakula, yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala.

Kepada awak media, Jokowi menilai keberadaan TPA Regional sangat membantu dalam penanganan sampah yang terus bertambah, seiring pesatnya pertumbuhan penduduk. Sehingga penataan TPA perlu ditata dengan baik dan memiliki fasilitas, teknologi yang modern, serta manajemen yang baik. Sebagaimana TPA Banjarbakula yang memiliki teknologi pengurangan sampah menuju sanitary landfill, Unit Pengolah Lindi dan jembatan timbang dengan masa pemanfaatan yang ditarget bisa mencapai 7 tahun.

Ia juga mengapresiasi pemanfaatan TPA yang melibatkan pemerintah kabupaten/kota, yang membuktikan bahwa sinergitas antar pemerintah daerah dapat dilakukan. Terlebih untuk pengelolaan sampah lintas daerah yang kerap menjadi masalah lingkungan yang utama. "Hal ini harus menjadi contoh bagi daerah lain, karena tidak boleh ego antar pemerintah," ucapnya.

Peninjauan area TPA bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju | Dok. pribadi
Peninjauan area TPA bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju | Dok. pribadi

Dalam kesempatan itu, RI 1 juga berkesempatan meninjau TPA Banjar Bakula lebih dekat dan menanam pohon meranti, yang didampingi oleh Menkopolhukam, Mahfud MD, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Kantor Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto. (Ju)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x