Mohon tunggu...
SLAMET SAPERI
SLAMET SAPERI Mohon Tunggu... Wiraswasta - Karyawan Swasta dan Blogger

Ingin Belajar Menulis dengan Baik dan Benar.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Perjalanan dari Plosok ke Kota Menuju Kampus

26 Maret 2018   10:04 Diperbarui: 26 Maret 2018   10:14 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi itu, sekitar pukul 6.30 wib. Ibu dan bapakku menyuruhku pergi pamitan keseluruh anggota keluarga satu persatu dengan tujuan meminta doa agar dalam proses belajar nanti di kota bisa lancer dan mendapatkan kemudahan. Hal seperti ini sudah biasa dilakukan bahkan sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan di lingkungan desa. Aku sabagai seorang anak nurut saja, semuanya yang diperintahkan orang tuaku bagiku adalah kuwajiban selama itu mengarah kearah yang positif.

Setelah semuanya selesai aku disuruh mempersiapkan semua keperluannku, padahal waktu itu masih pagi sekitar pukul 8.00 wib. Padahal aku naik travel masih nanti malam sekitar pukul 20.00 wib, namanya juga orang desa dan belum pernah bepergian jauh atau lebih dari 2 jam perjalanan sedangkan perjalananku kali ini 8 jam dari desa ke pusat kota Malang. Rumah saudarapun juga masih kiri kanan paling jauh sekitar 3 km dari rumah. Itulah salah satu keistimewaan tinggal di desa tidak pernah ada kata mudik, bahkan kosa kata "mudik" didapatkan dari berita di TV.

Setelah semua persiapan selesai, tinggal menunggu jam keberangkatan, padahal masih siang sekitar pukul 13.00 wib. Tetapi entah mengapa persaan ini ingin sekali rasanya segera sampai di kampus baru, apa inikah kobaran api semangat yang menggebu-gebu. Akhirnya mataharipun kian mengalah terhadap petang. Dikarenakan lokasi desaku terlalu jauh dari kota, akhirnya travel tidak mau menjemput kerumahku, hal tersebut bukanlah alasan aku harus menyerah, kalau travel tidak mau datang menjeputku biarkan aku yang datang padanya, karena mamang aku yang membutuhkannya.

Sekitar pukul 19.30 wib. Aku, ibu, bapak dan saudaraku sudah berada di kantor travel, mereka hanya mengantarkanku ke kantor trevel saja tidak ikut mengantarkanku ke kampus baruku. Karena perjanjian awal semua administrasi kampus aku harus diurus sendiri, kedua orang tuaku tidak mau tau akan hal itu, sebenarnya terlepas dari itu kedua orang tuaku memang buta huruf. Tetapi walau bagaimapun mereka adalah orang tua yang the best.

Akhirnya tibalah waktu pemberangkatan, ibuku memelukku lama sekali, mungkin belau masih belum benar-benar tega untuk melepasku, aku melihat mata belau berkaca-kaca ketika melepas kepergianku, sedangkan aku mulai naik sampai ditempat tujuan belum bisa berhenti memikirkan mereka, aku memang ingin sekali cepet sampai di kampus tetapi setelah sampai terasa ada yang mengganjal didalamhati. Tetapi inilah perjuangan, menurutku ini merupakan titik awal proses belajarku menjadi orang yang sesungguhnya jauh dari orang tua, rumah dan keluarga besar. Memang aku belum bisa memberikan mereka materi yang bisa aku berikan pada meraka pada saat ini adalah segudang prestasi.

By : SR

***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun