Mohon tunggu...
Alfarine Hainur
Alfarine Hainur Mohon Tunggu... Calm and Quite

Ordinary Girl

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Hal-hal yang Dapat Dilakukan Agar Kulit Wajah Bersih dan Sehat

5 Desember 2020   00:32 Diperbarui: 5 Desember 2020   00:33 7 0 0 Mohon Tunggu...

Kulit yang sehat dan bersih merupakan impian semua manusia, terutama bagi perempuan. Kulit bersih, tekstur yang rata, pori-pori yang kecil, wajah yang cerah, dan glowing. Semua hal dilakukan demi mencapai hasil yang diidam-idamkan. Biasanya dilakukan dengan berkunjung ke klinik kecantikan dan membeli skincare atau produk perawatan wajah yang sudah tersedia diberbagai e-commerce atau situs perbelanjaan. Namun terkadang, masalah-masalah diwajah masih saja muncul walaupun kita sudah memakaikan skincare atau produk klinik kecantikan. Disini ada beberapa cara atau hal yang juga dapat dilakukan untuk mencapai kulit yang bersih dan sehat.

  • Memperbanyak minum air putih

        Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Terkadang kita secara tidak sadar bahwa tubuh kita kekurangan asupan air putih. Kita masih saja malas dan menganggap remeh untuk minum air putih. Padahal air putih juga mempunyai manfaat yang baik kesehatan bahkan juga kecantikan. Dengan kita memperbanyak minum air putih, wajah kita akan lebih terhidrasi lebih baik. Yang mana artinya, kulit kita tidak menjadi kering dan kelembaban murni yang ada diwajah kita lebih terjaga. 

        Selain itu manfaat lainnya yaitu dapat menjadikan kulit lebih bercahaya, memulihkan kulit dari sunburn atau rasa terbakar yang disebabkan oleh sinar matahari secara langsung, menghambat penuaan dini, mengurangi timbulnya jerawat. Mengapa bisa disebut dapat mengurangi jerawat, karena air putih membantu untuk menghilangkan kotoran yang ada dalam tubuh dan kulit melalui urine hingga keringat, sehingga nantinya jerawat bisa lebih berkurang. 

  • Olahraga yang rutin

        Selain membuat badan lebih sehat, dengan olahraga yang rutin itu juga akan membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit wajah. Keringat yang dihasilkan saat berolahraga akan sangat membantu dalam mendorong kotoran yang sudah terkunci didalam pori-pori wajah untuk keluar, sehingga pori-pori yang tadinya dipenuhi kotoran kembali bersih. Tetapi jangan lupa, setelah olahraga jika suhu badan sudah kembali normal dan keringat sudah tidak keluar, segeralah untuk mandi dan membersihkan wajah agar tidak terjadi penimbunan kotoran di pori-pori.

        Selain itu, dengan olahraga yang rutin itu juga akan membuat otak kita lebih rileks. Dengan keadaan otak yang lebih rileks, tentu akan membuat munculnya jerawat lebih kecil. Karena seperti yang kita tahu, jerawat juga dapat muncul jika pikiran atau keadaan kita sedang stres. Olahraga yang rutin juga sangat membantu dalam meningkatkan produksi kolagen. 

  • Tidur yang cukup

        Kita sangat menginginkan wajah yang sehat dan bersih, tetapi kita masih sering tidak menjaga pola tidur yang kita lakukan. Begadang merupakan salah satu faktor penyebab mengapa masih saja timbul masalah diwajah kita padahal dirasa sudah dengan baik melakukan skincare-routine. Karena saat begadang atau jam tidur terganggu, hal ini dapat memicu timbulnya hormon kortisol yang dapat menyebabkan reaksi peradangan, termasuk dengan kulit wajah kita. Maka dari itu, jerawat masih saja timbul.

        Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat yaitu dengan jam tidur yang cukup atau mengubah pola tidur menjadi lebih baik. Usahakan untuk tidur dengan waktu yang tidak larut malam, sehingga pada pagi hari berikutnya kita bisa bangun dengan keadaan badan lebih sehat dan bugar. 

  • Jangan lupa untuk membersihkan wajah

        Cara berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan rutin membersihkan wajah. Maksudnya disini bukan berarti setiap beberapa jam sekali kita harus mencuci wajah kita agar bersih. Hal ini malah akan membuat wajah kering dan sebum atau minyak natural diwajah jadi hilang. 

        Membersihkan wajah yang dimaksud disini yaitu saat setiap bangun tidur atau mandi, dan saat kita baru saja balik dari acara diluar rumah. Karena masih sering rasa malas itu muncul saat kita sudah sampai rumah, sehingga kita lupa untuk mencuci dan membersihkan wajah. Hal tersebut dapat membuat kotoran mengendap didalam pori-pori dan nantinya akan menimbulkan jerawat. 

        Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, kita harus rutin membersihkan wajah. Jangan sampai rasa malas itu dapat membuat kita menyesal nantinya. Baik saat sedang tidak kemana-mana dan dirumah saja ataupun baru datang dari acara diluar rumah, jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci wajah terlebih dahulu. Lebih disarankan untuk melakukan double-cleaning saat membersihkan wajah agar lebih maksimal. Namun itu semua bebas dan terserah preferensi masing-masing. 

Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar kulit wajah bisa lebih sehat dan bersih, juga meminimalisir timbulnya masalah dikulit wajah kita. Yuk semangat, Ladies!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x