Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Perang dengan UEFA

28 Mei 2021   13:47 Diperbarui: 28 Mei 2021   14:05 86 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Perang dengan UEFA
Tiga klub raksasa Eropa - foto futballnews

REAL Madrid, FC Barcelona, dan Juventus belum siap untuk menyerah. Klub raksasa itu masih impikan mendirikan Liga Super Eropa.

Beberapa hari setelah badan sepak bola Eropa, UEFA, mengumumkan bahwa prosedur disipliner terhadap ketiga klub tersebut telah dimulai, ketiga klub memutuskan untuk mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa UEFA harus mematuhi aturan hukum.

Perang antara UEFA dan tiga klub pendiri Liga Super Eropa yang gagal dimulai pada 18 April 2021, ketika 12 klub mengonfirmasi keterlibatan mereka dengan liga yang memisahkan diri.

Klub-klub yang mendaftar ke liga termasuk 6 klub Liga Inggris, Liverpool, Chelsea, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester City, tiga klub La Liga, FC Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid, tiga klub dari Serie A , Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Setelah mereka mengumumkan pembentukan liga yang dijadwalkan dimulai pada musim 2022-2023, badan pengatur sepak bola, administrator, pakar, dan penggemar sepak bola mulai menentangnya melalui setiap platform yang tersedia.

Agitasi menjadi begitu besar sehingga 6 klub Liga Premier yang mendaftar ke Liga Super Eropa memutuskan untuk mundur. Setelah itu, Atletico Madrid, AC Milan, dan Inter Milan memutuskan juga mundur dari rencana tersebut.

UEFA memberi sanksi kepada klub-klub yang mengundurkan diri dari liga yang gagal memisahkan diri dan mengatakan akan melaksanakan prosedur disipliner terhadap Real Madrid, Barcelona, dan Juventus yang gagal mengundurkan diri dari rencana tersebut.

Presiden Real Madrid Florentino Prez adalah ketua dari Liga Super Eropa yang diusulkan.

Awal pekan ini, UEFA mengumumkan bahwa prosedur disipliner terhadap tiga klub pendiri Liga Super Eropa telah dimulai. Pengumuman itu bertentangan dengan pernyataan yang dikeluarkan tiga klub sebelumnya bahwa mereka telah membawa UEFA ke pengadilan untuk menantang kekuatan monopoli UEFA atas sepak bola di Eropa.

Menurut ketiga klub tersebut, pengadilan telah memerintahkan bahwa UEFA tidak boleh melakukan tindakan apa pun terhadap ketiga klub dan liga yang diusulkan sampai akhir proses pengadilan. Tetapi UEFA tampaknya tidak menjadi bagian dari keputusan tersebut.

Oleh karena itu, pernyataan ketiga klub yang dirilis pada Rabu, 26 Mei 2021, berbunyi: "FC Barcelona, Juventus FC, dan Real Madrid CF ingin menyatakan penolakan mutlak mereka atas paksaan yang terus menerus dipertahankan UEFA terhadap tiga yang paling relevan institusi dalam sejarah sepak bola.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN