Mohon tunggu...
PT. Siven Teknologi Informasi
PT. Siven Teknologi Informasi Mohon Tunggu... ERP Indonesia

Perusahaan IT di Kota Bandung, pengadaan jasa implementasi Sistem Informasi di Indonesia, memiliki product unggulan yaitu : Program ERP, Software RPA Rumah Potong Ayam, Software Penerbit, Software Textile, Software Manufacture, Software Manufaktur, Software Distributor, Software Trading

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Perbandingan SSD dan HDD

19 April 2021   09:51 Diperbarui: 29 April 2021   14:46 46 2 0 Mohon Tunggu...

HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive) merupakan hardware untuk tempat penyimpanan data file pada perangkat komputer seperti penyimpanan aplikasi komputer, file data foto video, dll. SSD merupakan perkembangan teknologi terkini dari HDD. Yang membedakan HDD dan SSD adalah kompenen didalamanya sehingga cara bekerjanyapun berbeda, HDD menyimpan data pada piringan metal dengan lapisan magnetic, yang dimana piringan ini akan berputar ketika sedang bekerja (menyimpan/ menulis/ membaca data) sehingga akan muncul suara yang bisa terdengar oleh user. Sedangkan SSD menyimpan data pada chip-chip memory yang dipasang di board yang saling terhubung sehingga ketika SSD bekerja tidak memiliki komponen yang bergerak didalamnya, karena cara kerjanya sama dengan USB Flash Drive, maka bisa dianggap bahwa SSD merupakan versi canggih dari Flash Drive dengan kapasitas yang lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Harddisk pada computer.

Berikut perbandingan lainnya antar SSD dan HDD:

  • Kecepatan
  • SSD lebih unggul dalam hal kecepatan read and write dibanding HDD, kecepatan ini akan terasa saat kita membuka program aplikasi yang berat dan ketika melakukan transfer atau mencari file.
  • Umur pakai
  • Umur SSD lebih pendek dibanding HDD karena siklus read and write SSD lebih pendek dibanding HDD
  • Kekuatan fisik
  • Fisik SSD lebih ringan dibanding HDD tetapi SSD lebih tahan terhadap guncangan dibanding HDD yang memiliki komponen disk yang sensitive terhadap guncangan. Dari segi penggunaan daya listrik, SSD lebih hemat dibanding HDD.
  • Harga
  • Harga SSD jauh lebih mahal dari HDD, yang dimana harga SSD hampir 10x lipat dibanding HDD

VIDEO PILIHAN