Mohon tunggu...
siti nur Syamsiyah
siti nur Syamsiyah Mohon Tunggu... Guru TK

Sehat itu bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif CGP 7

13 Januari 2023   21:38 Diperbarui: 14 Januari 2023   20:00 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Siti Nursyamsiyah

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

Model 4 F:

1. Fact:

  • Peristiwa apa saja yang saya alami selama mempelajari modul 1.4?
  • Pada kegiatan modul 1.4 ini dengan topik Budaya Positif masih dalam alur pembelajaran Merdeka yaitu mulai dari diri, ekskplorasi konsep , ruang kolaborasi, demontrasi kontektual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, aksi nyata.
  • Ruang Kolaborasi pada sesi Diskusi antar CGP di kelompok masing-masing, dilaksanakan pada hari Senin, 12 Desember 2022. Pada kegiatan ruang kolaborasi ini , kami dihadapkan dengan 4 kasus yang berhubungan dengan penerapan posisi dan segitiga restitusi yang siap untuk kita analisis berdasarkan pertanyaan pemantik yang disajikan pada masing-masing kasus. Dalam kegiatan ini sangat dibutuhkan managemen waktu yang baik. Jika tidak, maka analisis terhadap keempat kasus tidak akan terselesaikan. Kami juga diharapkan untuk teliti dalam menangani permasalahan sebagai langkah untuk mencari solusi penyelesaian dari setiap kasus yang disajikan.
  • Ruang kolaborasi pada sesi presentasi dilaksanakan hari Selasa tanggal 13 Desember 2022. Pada kegiatan ruang kolaborasi  presentasi ini pada setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis ke-empat kasus. Kami saling menanggapi dan berdiskusi terkait hasil analisis masing-masing kelompok. Pada sesi ini Bapak Fasilitator dan ibu Pengajar Praktik juga turut mendampingi dan memberikan penguatan terkait pemahaman kami pada materi posisi kontrol dan segitiga restitusi.
  • Pada tanggal 6 Desember 2022 memasuki pada Alur Mulai diri. Di kegiatan ini berbeda dengan modul sebelumnya karena pada setiap slide saya harus memberikan notes sesuai dengan permintaan LMS. Kali ini saya harus lebih dituntut untuk fokus dalam menjawab pertanyaan setiap slidenya.
  • Pada tanggal 7-8 Desember 2022 , saya mulai memasuki Alur Eksplorasi Konsep. Alur Eksplorasi konsep adalah alur yang paling menantang dan membutuhkan energi yang lebih dan harus belajar keras untuk menyelesaikannya karena materi lebih banyak dan perlu pemahaman yang lebih mendetail. Pada kegiatan ini saya herus memberikan komentar pada LMS serta mereplay dari teman CGP lain. Dalam mengerjakan tugas kami membagi dengan pembagian tugas dalam kelompok. Materi yang kami bahas adalah disiplin positif, nilai universal, teori motivasi, hukuman/ penghargaan, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas dan segitiga restitusi.
  • Pada tanggal 16 Desember 2022 [15.30-17.00] ada jadwal gmeet elaborasi  pemahaman modul 1.4 dengan instruktur  yang disampaikan beliau mudah dipahami, menarik dan pemahaman semakin mantap terkait dengan materi budaya positif.
  • Pada alur koneksi antar materi ini , saya diajak meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran pada modul 1.4. Membuat keterkaitan sebuah koneksi antar materi yang sudah saya pelajari serta membuat kesimpulan dan refleksi yang disajikan dalam bentuk media informasi. Pada akhir alur ini saya membuat rancangan tindakan aksi nyata.

2. Feelings:

  • Apa yang saya rasakan selama mempelajari modul 1.4?
  • Perasaan saya selama mempelajari modul ini sangat tertantang yaitu karena banyaknya materi dengan berbagai tugas yang harus di selesaikan, membuat saya tertangtang untuk menyelesaikan semua tugas di LMS dengan tepat waktu sebelum due date line.
  • Saya juga bersyukur serta merasa senang karena banyak sekali ilmu yang saya peroleh dari modul 1.1 sampai 1.4 yang bisa saya terapkan baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Bersyukur karena saya mampu mengatasi segala kendala dalam pengerjaan tugas untuk sampai di akhir modul 1.1.
  • Saya juga merasa semangat karena saat melakukan praktik segitiga restitusi bersama dengan siswa. Dari kegiatan itu saya belajar memposisikan diri sebagai manager dalam penyelesaian suatu kasus dengan menggunakan alat segitiga restitusi.
  • Semangat pada modul 1.4 artinya saya harus bersiap menghadapi postes di akhir modul. Saya selalu bersemangat untuk terus belajar dalam mempersiapkan diri agar bisa mengerjakan post tes dengan lancar dan memperoleh nilai baik.

3. Findings:

  • Pembelajaran apa yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.4?

      Banyak sekali pelajaran yang saya peroleh dari modul 1.4 ini, dimana saya menjadi paham bahwa:

  • Suatu tindakan memiliki tujuan tertentu, yakni untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Dalam membuat keyakinan kelas / sekolah harus didasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal.
  • Peran kontrol sebagai manager adalah salah satu peran kontrol yang paing ideal yang bisa kita pilih, untuk menyelesaikan masalah dengan penerapan segitiga restitusi.
  • Penyelesaian masalah dengan penerapan sigitiga restitusi akan menghasilkan alternatif pemecahan masalah yang efektif.
  • Kontrol diri paing kuat, datang dari kita sendiri [motivasi onstrinsik]
  • Pemberian hukuman bukanlah salah satu cara untuk menerapkan disiplin positif pada siswa.
  • Pemberian penghargaan atau hukuman hanya bisa mengontrol siswa dalam jangka pendek saja. Padahal yang paling penting adalah bagaimana kita mampu menumbuhkan motivasi instrinsik siswa.
  • Jika siswa sudah memiliki motivasi instrinsik/ internal dalam dirnya, maka dalam melakukan sesuatu tidak akan terpengaruh akan adanya hukuman maupun penghargaan.

4. Future:

  • Setelah mempelajari modul 1.4 apa yang bisa saya lakukan kedepan?

      Hal yang akan saya lakukan adalah

  • Memilih posisi kontrol, sebagai manager dalam menyelesaikan suatu masalah dengan penerapan segitiga restitusi.
  • Menumbuhkan motivasi internal siswa melalui keyakinan kelas yang mengandung nilai-nilai kebajikan universal.
  • Mensosialisasikan pemahaman dan pengalaman saya terkait penerapan budaya positif keseluruh warga sekolah.

Demikianlah refleksi dwimingguan modul 1.4 , semoga memberikan inspirasi bagi insan pendidikan khususnya Calon Guru Penggerak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun