Mohon tunggu...
Siti Nuronniah
Siti Nuronniah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mengisi Momen Ngabuburit dengan Bernostalgia Permainan Masa Mecil

22 April 2021   16:50 Diperbarui: 22 April 2021   17:16 501 24 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengisi Momen Ngabuburit dengan Bernostalgia Permainan Masa Mecil
Sumber: pinterest-Hiva Art

 

Kegiatan yang satu ini bahkan masih dilakukan orang dewasa. Ngabuburit atau melakukan aktivitas sambil menunggu waktu berbuka menjadi kegiatan yang tak bisa lepas dari bulan Ramadhan. Selain mengisi kegiatan religius,biasanya waktu kecil kita menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa dengan jalan-jalan sore atau bermain bersama.

Ketika sedang menunggu buka puasa, dulu saya dan teman-teman biasa memainkan beberapa permainan tradisional untuk menghilangkan kebosanan. Hitung-hitung ngabuburit gratis karena tidak perlu keluar biaya untuk jalan-jalan.

Apalagi saat dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Mungkin bernostalgia dengan memainkan berbagai permainan tradisional bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu saat sedang di rumah saja.

Memang sebagian besar anak kecil mengisi waktu sebelum berbuka puasa dengan kegiatan bermain. Bermain bisa membuat orang lebih rileks,bahagia,dan memicu untuk lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa ide permainan seru yang bisa dilakukan bersama sambil ngabuburit,seperti:

1. Bermain masak-masakan

Selepas adzan ashar biasanya anak mulai tidak bersemangat dan lesu. Maka anda bisa mengajak teman untuk bermain masak-maskan sebagai permainan untuk ngabuburit. Memasak bisa menjadi permainan yang menyenangkan karena anda bisa melakukannya sambil bermain peran,misalnya menjadi koki.

Anak kecil bisa bermain masak-masakan sambil menemani ibu yang sedang memasak untuk berbuka puasa. Memberikan tugas kepada anak kecil yang tidak membahayakan,misalnya mencuci buah dan sayur. Anak dapat belajar melalui permainan masak-masakan seperti belajar menghitung angka dari jumlah telur yang digunakan untuk memasak berbuka puasa.Tidak hanya itu saja, tetapi anak bisa belajar mengenal warna dari sayur dan buah yang sedang dicuci.

2. Petak umpet

Bermain petak umpet bisa dijadikan permainan bersama anak untuk ngabuburit. Tidak hanya sebagai permainan, peta umpet juga bisa menjadi sarana olahraga sambil menunggu buka puasa. Anak dan teman-temannya bisa main petak umpet sekitar 15 atau 20 menit sebelum waktu buka puasa. Anda juga bisa main petak umpet di luar rumah sambil membeli takjil atau menu berbuka puasa anak. Dalam petak umpet berjalan santai bisa mengurangi sendi dan otot yang kaku dan membuat tulang lebih kuat. Berjalan santai juga bisa meningkatkan daya tahan otot anak dan mengurangi lemak di tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN