Mohon tunggu...
Siti Kholilah
Siti Kholilah Mohon Tunggu... Dosen - Anak terakhir dari enam bersaudara

Menulis adalah cara mengeluarkan antrian berfikir

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

3 Alasan Mengapa Malam Jumat Dijadikan Malam yang Sakral?

28 Oktober 2021   20:32 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:24 145 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan malam Jumat sebagai malam yang sakral |ilustrasi: Webtoon.com

"Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan malam Jumat, sebagai malam yang sakral, sebab pada malam tersebut di percaya bahwa para leluhur pulang pada masing-masing rumahnya untuk melihat para keturunannya atau meminta sambungan doa untuk mengurangi beban dosanya diwaktu masih hidup di dunia"

Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam, tentu saja harus percaya terhadap sesuatu yang ghaib, karena itu salah satu yang harus di Imani.

Begitupun dengan malam Jumat yang masih dianggap sakral karena para leluhur yang telah mendahului kita datang untuk menjenguk anak keturunannya. 

Malam Jumat sebagai malam untuk memohon pengampunan terhadap para leluhur supaya dosa-dosa mereka diampuni, karena bagi ummat muslim doa anak cucu, merupakan doa yang langsung sampai pada orang yang telah meninggal.

Tentu saja malam Jumat ini menjadi malam yang mistis, sebab persepsi yang terbangun secara turun temurun menjadi kebiasaan yang sudah melekat dalam masyarakat kita.

Terlepas hal tersebut menuai perbedaan pendapat dikalangan para ulama, tetapi selama hal itu positif, maka hakekatnya bukanlah suatu persoalan yang harus di perdebatkan.

Mungkin saja bagi para orang yang memiliki indigo, sesuatu yang ghaib bisa dirasakan, atau bahkan bisa melihat meski tidak secara kasat mata.

Setidaknya ada lima alasan mengapa malam Jumat dijadikan malam yang sakral bagi sebagai masyarakat Indonesia.

Malam Jumat memang malam yang disakralkan sejak zaman dahulu

Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan malam Jumat sebagai malam yang sakral, sebab pada malam tersebut dijadikan malam untuk mendoakan para leluhur yang sudah mendahului kita meninggalkan dunia ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan