Mohon tunggu...
Siti Hartanti Nurmaharleni
Siti Hartanti Nurmaharleni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Sharing is caring

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Strategi Kegiatan Belajar dari Rumah (Learn From Home)

30 Juli 2021   07:07 Diperbarui: 30 Juli 2021   07:11 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Strategi Kegiatan Belajar dari Rumah (Learn From Home)
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lebih dari satu tahun masyarakat Indonesia menghadapi pandemi covid-19. Seluruh rencana berubah total, ditunda, bahkan gagal untuk dilaksanakan. Pandemi betul-betul mengubah kegiatan kita sehari-hari. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar rumah, harus dilakukan secara daring. Bekerja, sekolah, berobat, rapat, seminar dan semua dilakukan jarak jauh.

Dalam bidang pendidikan, tentu hal ini sangat berpengaruh dalam pelaksanaannya. Walaupun pembelajaran daring atau menimba ilmu dari internet sudah menjadi hal yang sering dilakukan, sekolah dari rumah bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Tidak satupun pihak siap menghadapi ini. Maka pada awal pembelajaran daring yang diselenggarakan pihak sekolah dan diikuti oleh para siswa tidak begitu efektif dan menghasilkan hasil yang optimal. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengakses internet, fasilitas yang kurang memadai, koneksi yang buruk, suasana tempat belajar yang tidak kondusif, bosan dan tidak dapat menyerap materi pelajaran dengan baik.

Covid-19 di Indonesia pernah membaik, kemudian kembali memburuk. Belum dapat dipastikan kapan pandemi ini berakhir, kapan sekolah dapat dibuka dan siswa dapat beraktifitas normal seperti satu setengah tahun yang lalu. Maka dari itu, menciptakan suasana dan proses belajar dari rumah yang efektif dan tanpa stress adalah hal yang penting untuk diusahakan.

Lalu, usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana dan proses belajar dari rumah agar lebih efektif? Berikut adalah tips yang dapat pembaca terapkan:

1. Melakukan rutinitas seperti sekolah luring

Sebelum memulai aktifitas belajar dari rumah, persiapan itu penting salah satunya mandi pagi. Mandi pagi dapat mempengaruhi suasana belajar sehingga menjadi nyaman. Selain itu, sarapan pagi dan mempersiapkan tempat belajar juga penting.

2. Manajemen waktu

Dengan mengatur waktu dengan baik, kegiatan yang dilakukan jadi teratur dan jelas terencana. Sehingga aktivitas yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

3. Membuat kelompok belajar

Kelompok belajar dapat membantu untuk memahami materi. Selain itu, interaksi dengan teman dapat menghilangkan rasa bosan.

4. Menyeimbangkan kegiatan belajar dengan kegiatan lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN