Mohon tunggu...
Aya
Aya Mohon Tunggu... Mahasiswa - xxx

yyy

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kembali Dibuka Setelah Pandemi, Sunmor SSA Bisa Jadi Referensi Wisata Kuliner di Jogja

12 Juni 2022   21:44 Diperbarui: 12 Juni 2022   22:04 908 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sunmor SSA (Dokumen Pribadi)

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang begitu besar dalam berbagai bidang di dunia khususnya pada bidang ekonomi. Salah satu dampak yang paling terlihat dalam bidang ekonomi akibat pandemi Covid-19 adalah menurunnya pendapatan di berbagai sektor usaha seperti pariwisata, hiburan, seni budaya, travel, dan kuliner dari yang dulunya tinggi menjadi turun drastis.

Penurunan pendapatan ini juga didorong karena adanya kebijakan PPKM yang membatasi pergerakan pada berbagai destinasi wisata dan kuliner termasuk salah satunya yang terjadi di Sunmor SSA. Sunmor SSA sendiri merupakan pasar Sunday morning atau pasar Minggu pagi yang diselenggaran di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Yogyakarta tepatnya pukul 06.00 sampai 12.00 WIB.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Beralamat di 49GJ+V4M, Pacar Sewon, Jl. Sultan Agung, Ponggok II, Trimulyo, Kec. Jetik, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sunmor SSA juga sempat ditutup karena pandemi Covid-19. Namun, saat ini Sunmor SAA sudah kembali dibuka setelah pandemi reda.        

"Dulu awal-awal pandemi itu sempat ditutup agak lama beberapa bulan gitu, tapi akhirnya dibuka lagi." ujar Dini, salah satu penjual sosis bakar di Sunmor SSA.

Dibukanya kembali Sunmor SSA mendapat sambutan antusias yang besar baik dari para pedagang maupun pengunjungnya. Terdapat banyak sekali stand yang menjajakan beragam dagangan di Sunmor SSA ini. Mulai dari fashion, mainan, aksesoris, hingga kuliner. Nah, stand-stand kuliner inilah yang menjadi tujuan utama dari sebagian besar pengunjung yang datang.

Sunmor SSA memang menjajakan kuliner yang benar-benar beragam mulai dari jajanan lokal seperti soto dan lontong sayur sampai dengan jajanan luar negeri seperti takoyaki dan dinsum. Berikut ini merupakan beberapa jajanan yang sudah saya coba dan dapat menjadi referensi untuk Anda ketika ingin berburu kuliner di Jogja.

1. Soto Bathok

Soto Bathok merupakan jenis soto daging sapi dengan kuah bening yang gurih dan segar. Kuahnya terbuat dari kaldu dan terkadang ditambahi dengan perasan jeruk nipis supaya nikmatnya semakin bertambah. Alasan diberi nama Soto Bathok adalah karena soto ini disajikan dalam mangkuk bathok yaitu mangkuk yang terbuat dari tempurung kelapa. Oleh karena itu, soto ini disebut sebagai Soto Bathok.

Di Sunmori SSA, Anda bisa menemui Soto Bathok yang berada di sebelah barat jalan setelah  pintu masuk. Harganya pun sangat terjangkau, hanya dengan mengeluarkan uang Rp10.000 Anda sudah dapat merasakan nikmatnya Soto Bathok beserta gorengan sebagai tambahannya dan tidak lupa lengkap dengan es teh sebagai minumannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan