Mohon tunggu...
Siti athiyah Nadiana
Siti athiyah Nadiana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiwa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI: Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Literasi Sains Secara Daring di TK Persis 168 Bandung

26 September 2021   14:01 Diperbarui: 26 September 2021   14:07 55 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPI: Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Literasi Sains Secara Daring di TK Persis 168 Bandung
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran sains merupakan salah satu proses pembelajaran sepanjang hayat sebagaimana belajar berhitung, membaca dan lainnya. Anak-anak dari segala jenis usia akan memperoleh manfaat dengan menganalisis keadaan-keadaan di sekitarnya yang mengadung unsur sains. Anak-anak perlu didorong dan didampingi agar memperoleh lebih banyak pengalaman sains di lingkungan sekitar, dimana nantinya menjelaskan peristiwa-peristiwa yang dilihatnya, menanyakannya, dan menganalisis cara peristiwa-peristiwa itu terjadi. 

Selain itu Trundle (2009: 1) menyatakan bahwa pembelajaran sains pada pendidikan anak usia dini mampu memberikan manfaat yang besar untuk berbagai aspek perkembangan anak. kemudian Eshach and Fried (Trundle, 2009) menyatakan bahwa pembelajaran sains bagi anak usia dini dapat memberikan pengalaman positif bagi anak yang membantu dirinya untuk mengembangkan pemahaman tentang suatu konsep sains, mengembangkan kemampuan berpikir, menanamkan sikap yang positif, dan memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan konsep sains di jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga para peneliti menekankan betapa pentingnya pembelajaran sains yang dimulai sejak dini.

Upaya meningkatkan minat Literasi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bersama mahasiswa dengan tema Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional. Mahasiswa UPI yang mengikuti melakukan tugas dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dalam meningkatkan efektifitas literasi bagi siswa di tingkatan pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK). Mahasiswa UPI pun melakukan upaya untuk meningkatkan pendampingan orang tua dalam melakukan pembelajaran pengenalan sains secara daring di TK  Persis 168 Al-Hikmah Bandung.

Mahasiswa KKN UPI memberikan materi pengenalan literasi sains bahan ajar secara daring melalui WhatsApp Group yang kemudian hasil dari pembelajaran akan di kirimkan kembali melalui WhatsApp Group yang sama dengan melampirkan video dan foto kegiatan pendampingan orang tua dan murid dalam pembelajaran sains secara daring. Isi dari materi yang diberikan ialah pengenalan bagian tanaman dengan menuliskan bagian apa yang telah di berikan tanda panah. Kemudian adanya pengenalan anggota tubuh sehingga anak mampu mengenali fungsi dan bagian bagian tubuh.

Hal ini sangat tepat untuk dilakukan untuk meningkatkan tingkat minat literasi dan juga melatih untuk mengeluarkan isi pikiran mereka. Dari langkah kecil ini lah anak - anak akan menjadikan literasi sebagai sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari harinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan